ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Facebook Gulirkan Fitur Messenger Rooms, Video Call Jadi Lebih Mudah

Facebook Messenger Rooms Header

Gadgetren – Raksasa media sosial Facebook baru saja menggulirkan sebuah fitur bernama Messenger Rooms yang bisa memungkinkan siapa saja mengakses sebuah panggilan video kelompok dengan lebih leluasa.

Fitur panggilan video kelompok memang sudah cukup lama menyambangi Facebook Messenger. Namun agar bisa menggunakannya, pengguna harus berteman satu sama lain di layanan media sosial raksasa itu.

Fitur Rooms hadir sebagai sebuah terobosan baru dari Facebook yang lebih menyederhanakan langkah-langkah mengakses panggilan video kelompok sehingga mudah digunakan oleh semua orang.

Mengutip keterangan Stan Chudnovsky selaku VP Messenger dalam halaman pengumumannya, fitur ini bahkan mengizinkan mereka yang tidak memiliki akun Facebook untuk bergabung ke dalam sebuah panggilan video kelompok.

Pengguna bisa memanfaatkan fitur yang mendukung aplikasi Messenger maupun situs web Facebook tanpa membuat panggilan video khusus ke beberapa pengguna tertentu seperti apa yang harus dilakukan sebelumnya.

Pengguna bisa menggunakan fitur ini dan membagikan tautan panggilan video kelompok melalui News Feed, Groups, ataupun Events sehingga pengguna lain bisa dengan mudah untuk bergabung ke dalam panggilan tersebut.

Facebook Messenger Rooms Mobile

Sementara di sisi yang lain, pengguna yang diundang juga dapat bergabung ke panggilan secara langsung ke percakapan video kelompok melalui ponsel maupun komputer tanpa mengunduh aplikasi tambahan apapun.

Stan Chudnovsky mengungkapkan bahwa Rooms nantinya akan mendukung hingga lima puluh orang tanpa batasan waktu sehingga bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan seperti kelas, pertemuan, hingga konferensi daring.

Meskipun mudah dan bisa digunakan secara lebih leluasa, Facebook mengklaim bahwa perlindungan privasi dan keamanan tetap ditegakkan dalam meluncurkan fitur baru panggilan kelompok ini.

Facebook Messenger Rooms Desktop

Facebook bahkan menegaskan bahwa mereka tidak akan melihat atau mendengarkan percakapan di dalam Rooms, termasuk orang yang membuat panggilan, pengguna yang bergabung, hingga status dari percakapan itu sendiri.

Pembuat panggilan Rooms harus hadir untuk memulai percakapan dan mengelola percakapan secara mandiri seperti untuk menghapus tamu-tamu yang mengganggu dari percakapan.

Kabar baiknya, fitur baru ini tidak hanya akan meluncurkan untuk layanan Facebook dan Messenger-nya. Facebook kabarnya sedang berusaha membawa fitur ini untuk layanannya yang lain, baik itu adalah Instagram Direct, WhatsApp, dan Portal.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar