Aplikasi Berita

DirumahAja.Live – Aplikasi Meeting Online Karya Anak Bangsa yang Praktis dan Kaya Fitur

DirumahAja Live Fitur

Gadgetren – Memasuki masa pandemi COVID-19, pemerintah Indonesia mengimbau kepada masyarakat untuk bekerja dan belajar dari rumah. Hal inilah yang membuat banyak orang menggunakan software atau aplikasi video conference untuk saling tatap muka pada kegiatan belajar mengajar sekolah maupun pekerjaan kantor.

Melihat tren positif belajar dan bekerja online dari rumah ini, Wahyu Putra selaku developer asal Indonesia mengembangkan aplikasi web video conference yang bernama DirumahAja.Live.

Platform yang satu ini mengizinkan penggunanya untuk melakukan tatap muka atau meeting secara online tanpa perlu registrasi atau memiliki akun. Dengan kata lain, kamu dapat melakukan video conference dengan teman, guru, dosen, atau rekan kerja secara praktis karena hanya tinggal membuat kanal sendiri tanpa perlu daftar akun terlebih dahulu.

Berkat bentuk produknya yang berbasis website, DirumahAja.Live dapat diakses oleh penggunanya dengan cepat tanpa harus install aplikasi terlebih dahulu di berbagai perangkat seperti laptop, PC, tablet, atau smartphone. Bahkan tampilan antarmuka produk ini akan menyesuaikan perangkat yang digunakan oleh penggunanya sehingga nyaman digunakan.

Untuk bisa menggunakan aplikasi video conference ini, kamu dapat mengunjungi situs resmi #DirumahAja.Live dengan menggunakan browser (Chrome Firefox, Edge, Safari, dan lainnya). Setelah memasuki halaman utama, kamu dapat membuat link kanal meeting online dan menekan tombol Mulai.

DirumahAja Live Channel

Setelah kanal aktif, maka kamu dapat membagikannya kepada teman atau rekan kerja untuk bisa memulai aktivitas meeting online. Selanjutnya, kamu hanya diminta untuk memasukkan nama yang dipakai saat meeting tanpa perlu melakukan registrasi akun.

Pada saat meeting online menggunakan DirumahAja.Live, kamu bisa memanfaatkan beberapa fitur menariknya mulai dari berbagai layar untuk presentasi, menonton YouTube bersama, melakukan chat pada ruang yang disediakan, memburamkan latar untuk membuat fokus pada setiap pengguna, password mode untuk membatasi peserta meeting online dengan akses kata sandi, dan lainnya.

Penggunanya juga dapat lebih irit kuota pada saat meeting di DirumaAja.Live dengan mengubah kualitas video conference HD (High Definition), SD (Standar Definition), atau mode hemat kuota. Tentu saja ini tergantung kebutuhan kualitas video pengguna pada saat meeting, namun perlu dicatat bahwa kuota semakin boros ketika kualitas video lebih tinggi.

Berbeda dengan Zoom yang hanya mendukung video conference selama 40 menit, DirumahAja.Live mengizinkan penggunanya meeting online tanpa limitasi waktu. Bahkan jumlah peserta yang mengikutinya pun tidak dibatasi sama sekali.

DirumahAja Live Meeting

Dengan kata lain, meeting online yang melibatkan banyak orang dapat dilakukan menggunakan platform ini tanpa batasan waktu. Wahyu Putra mengklaim bahwa DirumahAja.Live dapat berjalan secara lancar, meskipun dijalankan banyak orang sekaligus dalam satu kanal meeting.

Platform ini sudah menggunakan algoritma untuk optimalisasi, dimana misalnya terdapat 10 atau 100 pengguna yang sedang meeting online dengan DirumahAja.Live maka maksimum 4 orang yang dapat berbicara bersamaan dalam satu waktu.

Menurut Wahyu Putra, DirumahAja.Live menggunakan konsep peer-to-peer sehingga video, data, dan presentasi selama konferensi disambungkan langsung ke semua penggunanya tanpa disimpan di server sehingga keamanan end-to-end membuatnya aman digunakan oleh banyak orang.

Server hanya menjadi relay untuk mengatur dan memantulkan streaming agar stabil. Untuk itulah terdapat fitur perekaman video selama proses meeting online berjalan untuk menjadi dokumentasi ketika dibutuhkan nanti.

Hasil rekaman video akan secara otomatis bisa diunduh setelah pengguna menekan tombol stop agar langsung disimpan di laptop, PC, smartphone, atau tablet dengan format wav.

Untuk menyudahi meeting online, pengguna DirumahAja.Live dapat langsung menekan tombol Close berlambang telepon di dalam lingkaran merah atau bisa langsung keluar browser. Bisa dibilang ini merupakan platform atau aplikasi web praktis untuk video conference dengan banyaknya fitur yang ditawarkan.

DirumahAja Live Feature

Wahyu Putra mengungkapkan bahwa untuk saat ini DirumahAja.Live dapat diakses gratis tanpa adanya biaya. Aplikasi ini dikembangkan sebagai bentuk kontribusinya untuk membantu masyarakat pada umumnya agar tetap #DirumahAja.

“Tenaga medis, pekerja harian, dan teman-temannya sudah berjuang di luar sana untuk kita yang di rumah, maka kita harus betah di rumah dan harus tetap produktif dengan beraktivitas yang salah satunya menggunakan aplikasi DirumahAja.Live,” tambah Wahyu.

DirumahAja.Live bisa menjadi salah satu aplikasi web video conference praktis yang dapat dimanfaatkan untuk meeting pekerjaan, belajar online, webinar, nonton bareng, dan masih banyak lagi. Apabila kamu tertarik untuk menggunakannya, maka dapat langsung mengunjungi situs #DirumahAja.Live.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar