Tips dan Trik

2 Cara Screenshot Samsung Galaxy M31 Buat Mengabadikan Tampilan Layar

Cara Screenshot Samsung M31 Header

Gadgetren – Samsung Galaxy M31 hadir dengan berbagai fitur yang bisa membantu para pengguna. Salah satu di antaranya, perangkat ini pun dilengkapi fitur screenshot yang sangat mudah untuk digunakan.

Untuk menggunakan fitur tangkapan layar di Galaxy M31, kamu bahkan tidak perlu membuat pengaturan apa pun. Kamu bisa melakukannya hanya dengan pergi ke halaman yang ingin diabadikan, lalu menekan tombol daya dan tombol volume ke bawah secara bersamaan selama beberapa saat.

Jika berhasil melakukannya, layar ponsel nantinya akan berkedip bersamaan dengan munculnya suara khas tombol shutter kamera jika kamu mengaktifkan ponsel dalam mode dering. Setelah itu, sebuah gambar pratinjau akan muncul dalam kurun waktu beberapa detik.

Bersamaan dengan itu, kamu akan memperoleh beberapa opsi yang bisa digunakan untuk mengelola hasil tangkapan layar seperti opsi screenshot panjang, opsi pengedit gambar, serta opsi untuk berbagi.

Opsi screenshot panjang yang disimbolkan dengan dua anak panah ke bawah secara khusus hanya akan muncul pada tampilan khusus yang memiliki bentuk panjang seperti halaman pengaturan atau halaman sebuah web.

Perlu juga diketahui bahwa opsi-opsi di gambar pratinjau itu bisa saja tidak muncul. Apabila itu terjadi, kamu bisa mengaturnya terlebih dahulu melalui Settings > Advanced features > Screenshots kemudian aktifkan opsi Screenshot toolbar.

Selain menggunakan tombol fisik, kamu pun bisa menggunakan fitur screenshot dengan mengusap layar menggunakan tepian tangan. Cara ini lebih ringkas tetapi kamu perlu memastikan bahwa pengaturannya sudah aktif.

Kamu bisa mengecek pengaturan untuk mengaktifkan fitur yang disebut juga sebagai gesture ini melalui Settings > Advanced features > Motions and gestures lalu pastikan tombol Palm swipe to capture aktif.

Dengan menggunakan cara kedua ini pun, kamu akan mendapati suara shutter dan tampilan layar yang berkedip jika berhasil mengambil tangkapan layar. Kamu pun juga bisa menggunakan beberapa opsi yang muncul di gambar pratinjau.

Setelah berhasil mengambil tangkapan layar, kamu bisa melihat hasilnya melalui folder Screenshot melalui aplikasi Gallery selain bisa melihatnya melalui pratinjau tersebut. Ini berlaku baik untuk hasil tangkapan layar cara yang pertama maupun kedua.

Tinggalkan Komentar