Berita Perangkat Pintar

Meluncur Ke Pasar Indonesia, Mi TV 4 55” Bawa Banyak Pembaruan

Header Mi TV 4 55

Gadgetren – Dikenal sebagai vendor yang kerap membuat tren gadget dengan harga terjangkau, Xiaomi kembali meramaikan pasar Indonesia dengan meluncurkan tiga produk sekaligus di situasi yang tidak biasa ini.

Selain mengumumkan ponsel entri level Redmi 8A Pro, Xiaomi juga meluncurkan dua model TV pintar baru, yakni Mi TV 4 55 dan 43 inci serta perangkat pintar pembersih udara yang dikenal dengan Mi Air Purifier 2H yang akan diulas dalam tulisan ini.

Xiaomi sendiri sebelumnya telah mengeluarkan Mi TV seri 4A di tahun 2018 dengan harga yang murah. Kala itu, Mi TV 4A 43” dibanderol Rp 3 jutaan dan Mi TV 4A 32” dipatok lebih murah, hanya Rp 2 jutaan.

Lalu bagaimana dengan Mi TV 4 55”? Apakah dibanderol dengan harga yang sama atau malah lebih tinggi? Sebelum mengetahui harganya, saya akan mengajak kamu untuk membandingkan terlebih dulu kedua model TV Pintar ini.

Mi TV 4 55” dibuat dengan layar sentuhan crystal spray finish yang menghasilkan visual lebih jelas. Hadir dengan warna hitam dan penutup belakang logam, Mi TV 4 55” memiliki desain minimalis elegan dengan bezel ultra-slim berukuran 11mm. Bila dibandingkan dengan seri sebelumnya, TV ini memang tampak lebih tipis dan langsing.

Untuk otaknya, Mi TV 4 55” ini ditenagai dengan sistem operasi Android TV dengan pencarian antarmukanya mengusung PatchWall milik Xiaomi versi 3.0 sehingga dapat menemukan konten digital yang ada dengan mudah. Seri sebelumnya, ditenagai dengan Android TV namun sistem pencariannya masih menggunakan PatchWall versi 1.0.

Lanjut ke mesin hardware-nya, Mi TV 4 55” menggunakan High Speed Amlogic Quad Core 64 bit Processor dengan dukungan ruang penyimpanan 8GB eMMC dengan RAM 2GB RAM.

Mi TV 4 55” diklaim tak hanya tangguh, tetapi juga menawarkan pengoperasian yang cepat dan lancar dibandingkan pendahulunya yang mengandalkan Amlogic A53 dengan RAM 1GB.

Mi TV 4 55’’ pun telah mendukung layar 4K UHD dengan jumlah piksel sampai dengan 8 juta piksel, delapan kali lebih banyak dibandingkan layar HD. Sementara Mi TV 4A 43’’ hanya mendukung resolusi layar Full HD 1920 x 1080 piksel.

Mi TV 4 Chipset

Oleh karenanya, Mi TV 4 55’’ memungkinkan pengguna merasakan pengalaman menonton dengan warna yang lebih kaya, tajam dan cerah.

Adapun Mi TV 4 55” telah mendukung 3x port HDMI (termasuk 1 port ARC), 2x port USB (2.0) dan port Ethernet. Terdapat juga opsi nirkabel melalui Wi-Fi dan Bluetooth 4.2 untuk menghubungkan speaker nirkabel, headphone, atau perangkat lain.

Speaker yang tersemat dalam Mi TV 4 55” memiliki tenaga 20W dan impedansi 6 ohm. Pengaturan ini akan menghasilkan suara yang terdengar lebih jelas dibandingkan seri sebelumnya karena telah mendukung Free Lossless Audio Codac atau yang diakrab dengan sebutan Dolby Audio sehingga suara akan direkonstruksi sesuai dengan aslinya.

Mi TV4 55 inci spesifikasi

Mi TV 4 55” sendiri dalam peluncurannya dihargai Rp 4.799.00, sementara untuk 43” dihargai Rp 3.499.000. Menurut saya harga ini cukup kompetitif bila dibandingkan TV pintar lainnya dengan spesifikasi dan ukuran yang sama. Dengan demikian, Mi TV 4 55″ bisa dibilang membawa peningkatan yang sangat signifikan dari model sebelumnya.

Selain TV, Xiaomi juga mengumumkan Mi Air Purifier 2H yang memiliki Filter Free HEPA dengan kemampuan yang digadang dapat menghilangkan 99,97% partikel kecil hingga ukuran 0,3 yang ada di udara.

Satu perangkat pembersih ini diklaim bisa membersihkan udara di ruangan berukuran 31 meter persegi dan bisa dikontrol melalui aplikasi Mi Home dengan dukungan Google Assistant dan Alexa.

Pembersih udara ini mampu menghilangkan asap, bakteri, dan kuman yang bisa mengganggu sistem imun manusia. Mi Air Purifier 2H juga dianggap mampu menghasilkan 260 meter kubik udara bersih per jam. Untuk yang satu ini, Mi Air Purifier 2H dibanderol dengan harga Rp 1.999.000,-.

Tinggalkan Komentar