Berita

KemKominfo Gandeng AGI Dan Clevio Gelar Ajang Cipta Game Dari Rumah

Header-Ayo-Bikin-Game-Kemkominfo-AGI-Clevio-Garena

Gadgetren – Bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI), Clevio Coder Camp, dan Garena, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menggelar ajang cipta game dengan slogan “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”.

Ajang ini sebagai langkah mendukung Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk menghadapi Wabah Corona Virus Disease (Covid-19) yang tengah terjadi di Indonesia.

Mengusung tema “Mari Bersama Melawan Covid-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru”, ajang itu ditujukan untuk membantu sosialisasi melawan dan meminimalisir wabah Covid-19 melalui media interaktif yang bisa diakses siapa saja, yakni video game.

Semuel Abrijani Pangerapan selaku Direktur Jenderal Aplikasi Informatika KemKominfo dalam siaran pers di situs resminya mengatakan bahwa video game hasil dari ajang cipta game ini diharapkan bisa menjadi komplemen dari media konvensional untuk mensosialisasikan cara-cara pencegahan terhadap penyebaran virus korona.

Menurut Adam Ardisasmita selaku Wakil Ketua dari AGI, melalui acara ini AGI dan developer game Indonesia ingin berkontribusi untuk membantu menjaga Indonesia dengan membuat game untuk mengedukasi masyarakat terkait wabah korona.

Fitur-KemKominfo-ayobikingame-AGI-garena-clevio-covid19

“Semua aktivitas dan komunikasi saat ini dilakukan secara online, tanpa harus keluar rumah. Masyarakat juga dilibatkan dalam menentukan game favorit mereka dengan cara memberikan voting terhadap karya-karya yang didaftarkan,” ujarnya dalam keterangan tertulis di situs resmi KemKominfo.

Untuk mendukung ajang cipta game ini, Clevio Coder Camp juga sedang menyiapkan pembelajaran coding.  Hal ini disampaikan oleh Fransiska Oetami selaku CEO dari Clevio Coder Camp yang mengungkapkan bahwa pihaknya tengah menyiapkan pelatih yang mengajar coding game melalui webinar gratis untuk belajar membuat game.

“Jadi jangan khawatir kalau belum pernah coding atau bikin game sebelumnya. Meskipun harus #dirumahaja, tidak berarti harus sendiri-sendiri karena anak juga akan belajar mengembangkan social skill-nya dengan kerja bareng teman secara online, persis seperti bapak ibu yang meeting online karena #workfromhome,” jelasnya.

Adapun “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” terbagi dalam beberapa kategori yakni, Junior (untuk siswa SD, SMP dan SMA/SMK) dan Mahasiswa/Umum. Masing-masing peserta diharuskan untuk membentuk tim dan bekerja sama selama empat hari untuk menghasilkan sebuah purwarupa game yang bisa dimainkan.

Proses pendaftaran ajang game ini sendiri telah berlangsung sejak tanggal 29 Maret 2020 hingga 2 April 2020 pukul 12.00 siang WIB. Informasi lebih lanjut mengenai Ajang Cipta Game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” bisa langsung kalian lihat di laman web AGI.

Tinggalkan Komentar