Berita

MediaTek Sebut Beragam Keunggulan Chipset Helio P95

MediaTek Helio P95 Ok

Gadgetren – Selain membahas MediaTek seri Helio G sebagai chipset gaming dan seri Dimensity sebagai chipset 5G dengan performa yang cepat, SEA Media / Blogger Coffee Talk juga membedah chipset Helio P95.

Suiyen Pang selaku Senior Manager MediaTek mengungkapkan bahwa Helio P95 yang memiliki peningkatan performa dan fitur dibandingkan Helio P90. Chipset yang satu ini memiliki performa yang bertenaga dan mampu menjalankan tugas-tugas secara pintar berkat kehadiran fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Seri Helio P sendiri merupakan lini chipset yang mempunyai konsumsi daya baterai efisien, namun tanpa mengorbankan performa maupun pengamalan penggunanya. Terdapat juga beragam fitur konektivitas dan multimedia yang menarik.

Menurut Suiyen Pang, Helio P95 ini hadir dengan APU (AI Processing Unit) generasi kedua yang telah mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. APU 2.0 pada chipset ini mempunyai kofingruasi 2x VPU 700MHz + 1xAIA 788MHz dengan total 2.3 TOPs yang mengalami peningkatan 10% performa AI dibandingkan generasi sebelumnya.

Selanjutnya, APU 2.0 mampu membuat peningkatan untuk kemampuan kamera, kedalaman foto, pemrosesan tingkat piksel ketika foto diambil, pengurangan noise, dan efek bokeh yang bagus. Berkat kemampuan AI yang dimilikinya, chipset ini dapat melacak pergerakan dan gestur badan subyek atau obyek yang dibidk melalui aplikasi Augmented Reality (AR) maupun Mixed Reality (MR).

MediaTek Helio P95 Header

Menariknya lagi, APU 2.0 yang hadir pada Helio P95 ini mempunyai fitur AI NR (Noise Reduction) yang mampu mengurangi noise dengan baik. Bahkan Suiyen Pang mengklaim bahwa hasil foto malam hari atau minim cahaya dari smartphone dengan chipset ini lebih baik, terang, dan minim noise dibandingkan HUAWEI Mate 20 Pro.

MediaTek Helio P95 ini mampu mendukung kamera dengan hasil foto hingga beresolusi besar 64 MP. Chipset ini juga dapat mendukung dua kamera 24 MP + 16 MP yang mempunyai banyak lensa dan sensor. Nantinya kamera dari smartphone akan tersambung dengan tiga ISP milik Helio P95 yang mampu memroses RAW 14-bit dan YUV 10-bit dengan penggunaan daya yang hemat.

Chipset ini menggunakan konfigurasi Dual-Core Cortex-A75 berkecepatan 2,2 GHz dan Hexa-Core Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz. Dengan kecepatan maksimal 2,2 GHz, prosesor Cortex-A75 mampu menghadirkan kinerja yang cepat untuk menjalankan aplikasi dan game dengan lancar.

Sementara prosesor Cortex-A55 memiliki efisiensi daya sehingga hemat dalam mengonsumsi baterai. Semua prosesor ini dapat berjalan secara bersamaan di MediaTek Helio P95 dan memiliki cache L3 yang besar sehingga performanya bertenaga.

MediaTek Helio Feature

GPU IMG 9XM-HP8 berkecepatan 900 MHz yang disematkan pada Helio P95 mampu menghadirkan visual 2D dan 3D yang baik, terutama pada saat menampilkan konten game yang membutuhkan grafis cukup berat. GPU chipset ini diklaim memiliki peningkatan kinerja 10% lebih baik dibandingkan milik Helio P90.

Terdapat juga teknologi MediaTek HyperEngine pada chipset ini yang meningkatkan performa hardware dan software pada smartphone ketika penggunanya sedang menjalankan game atau aplikasi yang berat.

Soal urusan konektivitas, MediaTek Helio P95 ini mendukung jaringan Dual 4G LTE, VoLTE (Voice Over LTE), ViLTE (Video Over LTE), Wi-Fi 5.0, dan Bluetooth 5.0. Dengan fitur yang menarik ini, pihak MediaTek menjanjikan bahwa Helio P95 bisa menjadi chipset untuk smartphone kelas menengah dengan harga terjangkau.

Tinggalkan Komentar