ASUS TUF Gaming FX507
Berita Feature Phone

Nostalgia! Nokia 5310 “XpressMusic” Baru Dirilis Cuma Rp 600 ribuan

Nokia 5310 Front Back

Gadgetren – Setelah Nokia 3310 generasi baru hadir pada tahun 2017 silam, kini HMD Global secara resmi meluncurkan ponsel generasi terbaru lainnnya yang bernama Nokia 5310.

Kembali ke tahun 2007, Nokia 5310 XpressMusic merupakan salah satu ponsel menarik yang menawarkan kemampuan speaker dan fitur musik untuk memanjakan penggunanya.

Kali ini Nokia 5310 versi “reborn” tidak membawa label XpressMusic sama sekali, namun perangkat ini tetap ditujukan untuk penggunanya yang menyukai musik. Bukan smartphone, Nokia 5310 generasi baru ini masih berbentuk feature phone untuk memberikan kesan nostalgia bagi penggunanya.

Nokia 5310 Diagonal

Pada bagian depannya, terlihat layar dengan lebar 2,4 inci beresolusi QVGA. Tepat di bawahnya terdapat tombol berbentuk candy bar atau T9 yang terdiri dari Back, Options, Menu, Call, Decline, Arrow, dan keyboard alfanumerik untuk angka, huruf, maupun karakter.

Menariknya pada bingkai layar ponsel ini terdapat tombol pintas atau shortcut untuk mengendalikan musik yang sedang diputar. Berbeda dengan Nokia 5310 Xpress Music terdahulu yang mempunyai tombol playback di bagian kiri, Nokia 5310 generasi baru ini mempunyai tombol play/pause, previous, dan next di bagian kanan.

Sebagai gantinya, tombol volume up dan down berada di bagian kiri Nokia 5310 terbaru ini. Hadirnya tombol shortcut ini membuat pengguna Nokia 5310 dapat memutar musik dengan cepat dan mudah tanpa perlu menuju aplikasi musik terlebih dahulu.

Nokia 5310 Feature

Dari sektor hardware, Nokia 5310 terbaru ini dibekali dengan chipset MediaTek MT6260A yang didampingi RAM 8 MB dan penyimpanan internal 12 MB. Bagi sebuah feature phone, kombinasi hardware ini sudah dapat menjalankan sistem operasi dan aplikasi dengan lancar.

Untuk bisa memasukkan banyak musik, HMD Global telah menyematkan slot microSD hingga 32 GB pada Nokia 5310. Terdapat juga baterai berkapasitas 1.200mAh di dalam smartphone ini yang diklaim mampu bertahan selama 7,5 jam untuk telepon atau 30 hari dalam kondisi standby.

Selain musik, pengguna feature phone ini dapat menikmati channel radio berkat kehadiran dukungan FM Radio. Nokia 5310 juga memiliki port jack audio 3,5mm untuk menghubungkannya dengan earphone maupun headphone.

Nokia 5310 All

Sayangnya feature phone ini hanya mendukung jaringan 2G dan tidak dapat menggunakan jaringan 3G maupun 4G. Dengan kata lain, Nokia 5310 ini hanya bisa digunakan untuk beberapa negara yang masih mendukung jaringan tersebut.

Untuk saat ini, Nokia 5310 akan dijual di negara kawasan Eropa dengan harga 39 Euro atau sekitar Rp 667 ribu. Terdapat dua pilihan warna pada ponsel ini yang terdiri dari Black Red dan White Red.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar