Berita Smartphone

Samsung Kabarnya Tengah Siapkan Sensor Kamera 150 MP Untuk Q4 2020

Samsung Galaxy S20 Ultra 108MP

Gadgetren – Setelah mengeluarkan smartphone seri flasgship Galaxy S20 Ultra yang punya kamera tangguh dengan sensor 108 MP, kini beredar rumor baru bahwa Samsung sedang mengembangkan sensor kamera 150 MP.

Melihat rumor ini, tahun 2020 tampaknya akan menjadi tahun dimana Samsung tak henti-hentinya melakukan inovasi. Rumor ini awalnya datang dari seorang pembocor gadget lewat akun Twitter @kuma_sleepy yang membagikan sebuah postingan terkait sensor kamera 150 MP.

Dalam cuitanya itu, Kuma menyebutkan sensor kamera 150 MP dengan teknologi Nonacell yang akan memiliki ukuran 1 inci bakal diluncurkan sekitar kuartal keempat tahun 2020.

Dikutip dari Sammobile, terungkap bahwa sensor kamera 150 MP merupakan peningkatan teknologi yang sebelumnya telah tersemat pada Galaxy S20 Ultra dengan sensor SOCELL Bright HM1 yang secara teknis menghasilkan gambar sebesar 12 MP.

Teknologi Nonacell ini dapat bekerja dengan cara menggabungkan sembilan piksel menjadi satu untuk mencapai penyerapan cahaya yang lebih tinggi. Oleh karena sensor ini memiliki resolusi 150 MP, maka dari itu gambar yang dihasilkan secara teknis akan mampu mencapai 16 MP.

Beralih lagi ke postingan Kuma, ia juga menyematkan sebuah tautan berita sumber awal informasi tersebut ia dapatkan, yakni dari situs teknologi yang berasal dari Korea Selatan, Clien. Selain jadwal peluncuran, Kuma juga menyertakan rincian tambahan seperti beberapa perangkat yang akan mengadopsi sensor Samsung baru ini.

Dengan kata lain, sensor 150 MP ini disebut juga akan digunakan oleh Xiaomi pada perangkatnya yang akan dikeluarkan pada kuartal keempat tahun 2020. Selain itu juga vivo dan OPPO yang dikabarkan juga akan menggunakan sensor 150MP sebustan Samsung tersebut.

Namun tidak dipungkiri juga bila nantinya Samsung akan menggunakan sensor yang sama di salah satu ponsel kelas flagship seperti Galaxy Note 20 atau Galaxy S21. Pastinya sensor 150MP akan menjadi sensor terbesar Samsung saat ini.

Informasi lain soal sensor kamera Samsung ini juga ditangkap oleh Gizmochina yang mengatakan bahwa sensor 150MP seharusnya sudah bisa digunakan padagenerasi chipset saat ini karena Snapdragon 865 sudah mampu mendukung sensor kamera hingga 200 megapiksel.

Tentunya akan sangat menarik sekali melihat chipset Exynos Samsung yang akan kompatibel dengan sensor tersebut, sepertoExynos 1000 mungkin.

Tinggalkan Komentar