Berita Smartphone

Nokia 1.3 Dirilis! Ponsel Android Go Murah dengan Baterai 3.000mAh

Nokia 1-3 Selfi

Gadgetren – Setelah Nokia C2 dirilis pada 16 Maret 2020 silam, kini HMD Global secara resmi meluncurkan smartphone Android Go lainnya yang bernama Nokia 1.3.

Apabila Nokia 1 dan Nokia 1 Plus menggunakan chipset buatan MediaTek, kali ini Nokia 1.3 memakai Snapdragon 215 Quad-Core 1.3 GHz. Sementara RAM 1 GB dan penyimpanan internal 16 GB turut mendampingi chipset buatan Qualcomm tersebut.

HMD Global pun telah menghadirkan slot microSD hingga 400 GB yang bisa digunakan untuk menambahkan kapasitas penyimpanan di Nokia 1. Meskipun perangkat ini menggunakan RAM yang rendah, namun pihak Google dan HMD Global menjanjikan performa yang lancar karena telah menggunakan Android 10 (Go Edition).

Nokia 1-3 All

Pihak Google mengklaim bahwa sistem operasi tersebut sudah dioptimalkan untuk menjalankan smartphone dengan RAM 1 GB atau di bawahnya dengan lancar. Selain itu, terdapat juga aplikasi berlabel “Go” yang hemat dalam menggunakan kapasitas RAM maupun penyimpanan internal.

Beberapa aplikasi Go yang telah hadir di Google Play meliputi Android Go, Google Go, Files Go, Google Maps Go, YouTube Go, dan masih banyak lagi. Sementara terdapat aplikasi baru bernama Camera Go yang langsung disematkan pada Nokia 1.3.

Sementara itu, pihak Google juga menjanjikan bahwa Nokia 1.3 akan mendapatkan update sistem operasi Android 11 (Go Edition) apabila sudah dirilis resmi nanti. Terdapat juga dukungan update sistem operasi terdepan dari Google terhadap smartphone ini selama dua tahun.

Baterai berkapasitas 3.000mAh yang hadir pada produk ini diklaim HMD Global mampu bertahan selama satu hari dalam pemakaian standar. Sayangnya Nokia 1.3 hanya dibekali dengan 5W Charger sehingga pengisian daya baterainya tidak berjalan cepat.

Beralih ke bagian depan, terdapat layar penuh 5,7 inci dan resolusi HD+. Selain memperkecil ukuran bezel di bagian atas, poni berbentuk waterdrop juga digunakan untuk menempatkan kamera depan beresolusi 5 MP.

Nokia 1-3 Display

Meskipun terdapat fitur Face Unlock untuk membuka kunci layar, namun sensor fingerprint tidak disematkan pada Nokia 1.3. Sementara kamera belakang dari smartphone ini mempunyai resolusi 8 MP dengan dukungan LED Flash.

Selain tombol volume dan power, HMD Global juga telah menyematkan tombol khusus untuk memanggil Google Assistant di Nokia 1.3. Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, WiFi, dan Bluetooth 4.2 telah hadir di dalam perangkat ini.

Nokia 1.3 akan dijual terlebih dulu pada bulan April 2020 di negara kawasan Eropa dengan harga 95 Euro atau sekitar Rp 1,65 juta.

Tinggalkan Komentar