Berita Smartphone

Cuma Rp 1 Juta, Nokia 1 Jadi HP 4G Android Go HMD Global Pertama di Indonesia

Nokia 1 Header

Baru-baru ini HMD Global secara resmi telah meluncurkan smartphone Android Nokia terbarunya di Indonesia, yakni Nokia 1. Perangkat yang satu ini mengikuti proyek Android Go yang terkenal lebih murah dibandingkan dengan Android One.

Dengan kata lain Nokia 1 merupakan smartphone Android Go pertama dari HMD Global yang hadir di tanah air. Untuk layarnya sendiri memiliki lebar 4,5 inci dengan resolusi 854 x 480 piksel dan berteknologi IPS LCD.

Sementara bodinya menggunakan bahan plastik yang memang untuk membuatnya harganya tetap terjangkau di Indonesia. Dapur pacunya sendiri dipercayakan pada chipset MediaTek MT6737M Quad-core berkecepatan 1,1 GHz.

Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, HMD Global telah menyematkan RAM 1 GB dan storage internal 8 GB yang dapat ditambahkan microSD pada smartphone yang satu ini. Terlihat memang spesifikasi hardware ini untuk menyasar kelas bawah.

Meskipun hanya memiliki RAM 1 GB, namun dengan hadirnya sistem operasi Android 8.1 Oreo (Go Edition) membuat smartphone ini mampu berjalan dengan lancar berkat optimalisasi yang dilakukan oleh Google.

Bahkan Google pun menyediakan beragam aplikasi yang hemat terhadap RAM dan storage internal dengan label Go, mulai dari YouTube Go, Maps Go, Files Go, Google Go, dan masih banyak lagi yang bisa diunduh langsung dari Google Play Store.

Tentu saja kombinasi sistem operasi dan aplikasi Go ini memungkinkan Nokia 1 dapat berjalan dengan lancar dibandingkan menggunakan sistem operasi yang bukan Go Edition. Baterai berkapasitas 2150 mAh juga telah hadir di dalamnya.

Dengan kapasitas baterai sebesar itu, pihak HMD Global mengklaim bahwa Nokia 1 dapat bertahan selama 360 jam dalam keadaan standby, 9 jam ketika digunakan untuk telepon di jaringan 3G, atau 53 jam untuk mendengarkan musik secara nonstop.

Dari sisi kameranya pun memang tidak terlalu mencolok karena memang mengincar kelas bawah. Hal ini terlihat dengan penggunaan kamera belakang beresolusi 5 MP + LED Flash dan kamera depan 2 MP yang sudah lumayan untuk mengambil foto untuk diunggah ke media sosial.

Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan port USB Type-C akan hadir di dalamnya. Sementara harga Nokia 1 akan terjangkau hanya Rp 999.000 di Indonesia. Bisa dibilang smartphone Android Nokia ini cocok bagi penggunanya yang baru pindah dari feature phone, namun memiliki budget terbatas.

Tinggalkan Komentar