Aplikasi Berita

Akun Chatbot WhatsApp Pemerintah Soal Virus Korona Sudah Bisa Diakses

Akun-Chatbot-WhatsApp-COVID-19--header-fix

Gadgetren – Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia bekerja sama dengan WhatsApp dan Telkom Group telah menyiapkan Akun Chatbot WhatsApp terkait COVID-19 yang  sudah bisa diakses oleh masyarakat sejak 19 Maret 2020.

Akun tersebut diberi nama covid19.go.id dengan nomor seluler 08111-333-99-000. Informasi ini telah diumumkan secara resmi oleh Johnny G. Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informasi dalam Konferensi Pers Online dari Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat.

Kini masyarakat dapat berinteraksi dengan akun chat resmi pemerintah tersebut untuk memperoleh informasi secara interaktif seputar COVID-19 melalui chatbot yang kontennya disediakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sosialisasi akun chat resmi ini pun kabarnya akan dilakukan melalui Lembaga Penyiaran, SMS blast, banner di media online dan flyers. WhatsApp juga sudah berkomitmen memberikan kebijakan khusus bagi Indonesia untuk dapat menyalurkan pesan WhatsApp blast terkait wabah COVID-19.

Kementerian Kominfo akan menyediakan form bagi publik yang bersedia menerima pesan blast pada akun WhatsApp-nya. WhatsApp hanya memberikan kebijakan ini secara eksklusif kepada dua negara, yakni Indonesia dan Singapura.

“Chatbot dan pesan blast pada platform WhatsApp diharapkan pemerintah sudah live trial mulai Jumat, 20 Maret 2020 malam ini,” ujar Johnny G. Plate dalam siaran pers onlinenya.

Namun berdasarkan pantauan tim Gadgetren, akun ini sejak pagi sudah bisa digunakan lebih interaktif. Karena sebelumnya pada malam 19 Maret 2020, akun chatbot WhatsApp COVID-19 hanya membalas berupa sapaan selamat datang di pusat informasi COVID-19 powered by Kominfo RI.

Fitur Akun Chatbot WhatsApp COVID-19

Sementara pagi ini pilihan teks interaktifnya lebih berkembang dengan pilihan informasi seputar COVID-19 dari poin A hingga G. Meskipun begiu masih ada jeda menunggu balasan informasi dikarenakan masih dalam percobaan

Sebelumnya pemerintah menyebarluaskan informasi melalui SMS blast dari BNBP lewat operator seluler. Dengan telah bekerja sama dengan WhatsApp, informasi yang diberikan sudah terintegrasi sah dari Pemerintah agar masyarakat dapat menghindari informasi yang salah atau penyebaran hoaks soal COVID-19.

Selain melalui  SMS dan WhatsApp, informasi lain mengenai COVID-19 seperti rujukan layanan Rumah Sakit bisa didapatkan melalui Call Center 119 ext 9.

Tinggalkan Komentar