Aplikasi Berita

Dukung Mitigasi COVID-19, Dua Platform Edukasi Berikan Akses Belajar Gratis Di Rumah

Header-Dua-Platform-Edukasi-Berikan-Layanan-Gratis

Gadgetren – Sehubungan dengan adanya langkah pemerintah pusat dan jajarannya untuk menghentikan sementara aktivitas sekolah untuk mencegah penyebaran COVID-19, Quipper dan Zenius sebagai perusahaan edukasi teknologi mendukung langkah tersebut dengan memberikan layanan gratis belajar di rumah.

Kebijakan ini pun menuai keresahan dan dilematis di kalangan murid dan guru pasalnya keputusan belajar dari rumah ini sangat dekat dengan persiapan serta penyelenggaraan Ujian Nasional (UNBK), ujian kenaikan kelas, dan persiapan ujian seleksi ke tingkat berikutnya.

Perlu kalian ketahui bahwa dari pernyataan Plt. Kepala Balitbang Kemendikbud, Totok Suprayitno, tahun ini ada sekitar 8,3 juta siswa dari 105 satuan pendidikan yang akan mengikuti UNBK.

Namun kalian yang masih bersekolah dan akan menghadapi UNBK atau kenaikan kelas tak perlu khawatir karena Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga telah mengajak perusahaan di bidang teknologi pendidikan untuk memberikan dukungan dalam membantu siswa di wilayah terdampak COVID-19 agar terus dapat belajar secara mandiri.

Sebagai bentuk pertimbangan dari pemerintah terhadap mitigasi COVID-19 itu, Quipper lewat siaran persnya kepada tim Gadgetren menginformasikan bahwa mereka akan memberikan akses gratis berupa video pembelajaran dan materi soal pada platform Learning Management Systems (LMS) yang dimilikinya, yakni Quipper School.

Hanani Faiza selaku Content Associate Manager Quipper Indonesia menjelaskan bahwa  melalui inisiatif #BisaTetapBelajar, Quipper telah menyediakan sistem dan materi pembelajaran online secara gratis untuk guru dan siswa yang terkena dampak penutupan sekolah di Indonesia.

“Guru dan siswa akan dapat mengakses lebih dari 10.000 video dan 75.000 soal  yang mencakup materi Kelas 9 – 12,” ujar Hanani.

Selain Quipper, ada juga platform pionir edukasi bernama Zenius Education yang juga ikut menggratiskan akses 80.000 video pembelajaran di seluruh platformnya tanpa terkecuali untuk kelas 1 SD hingga 12 SMA sesuai kurikulum nasional.

Hal ini dilakukan Zenius untuk memudahkan akses para siswa belajar di rumah secara mandiri dan mempersiapkan diri menghadapi UNBK. Untuk dapat belajar mandiri dari rumah secara efektif, Zenius melalui akun instagramnya juga tak ketinggalan membagikan lima tips belajar mandiri di rumah.

Dalam siaran pers Zenius, Rohan Monga selaku Chief Executive Officer Zenius Education mengatakan selain dapat diakses secara gratis, mayoritas video pembelajaran hadir dengan format whiteboard yang memerlukan kuota internet paling hemat sehingga diharapkan mempermudah akses bagi yang ingin belajar mandiri dan mempersiapkan diri untuk menghadapi UNBK.

Selain menggratiskan akses ke platformnya, Zenius juga telah menyiapkan tryout online gratis yang diselenggarakan serentak di situs dan aplikasi Zenius. Tryout akan kembali diadakan pada tanggal 26 Maret 2020 untuk gelombang kedua, setelah sebelumnya gelombang pertama telah diadakan pada 13 Maret 2020 lalu.

Dengan menghadirkan solusi gratis akses, harapannya para siswa dapat terus belajar berdasarkan target yang telah ditetapkan oleh guru serta sekolah sesuai kebutuhan dan implementasi pembelajaran dengan bimbingan orang tua dan guru dari jarak jauh.

Tinggalkan Komentar