Berita

Maksimalkan Fotografi dengan OPPO Reno3 Bersama Darwis Triadi

Reno3-Darwis Triadi

Gadgetren – Sebelum Reno3 resmi diluncurkan di Indonesia, OPPO pada tanggal 13 Maret 2020 mengajak awak media untuk mengikuti acara Reno3 Experience Tour di Museum Nasional, Jakarta.

Dalam acara tersebut, terdapat pameran “Perempuan yang Tak Bisa Dieja” dan workshop fotografi yang dipandu oleh fotografer senior terkenal dari Indonesia, Darwis Triadi.

Selain memamerkan foto-foto hasil jepretannya di Museum Nasional, Darwis Triadi membuka sesi workshop bagi rekan media dan komunitas pencinta foto untuk mengenal lebih jauh mengenai fotografi.

OPPO Reno3 Bagian Belakang

Menariknya lagi, Darwis Triadi justru menggunakan smartphone Reno3 ketika memberikan workshop kepada peserta yang hadir. Darwis ingin menegaskan bahwa smartphone masa kini sudah memiliki banyak fitur untuk menghasilkan foto dengan hasil yang bagus.

Sementara itu, Darwis menganggap kamera konvensional merupakan sebuah alat dan sama dengan kamera smartphone sehingga tentu saja tidak ada perbedaan yang terlalu jauh di antara keduanya.

“Kamera dimanapun merupakan sebuah alat, sama seperti smartphone. Fungsinya sama tapi kapasitasnya tergantung dari kondisinya, namun kita tidak boleh adu head to head karena memiliki pasarnya masing-masing,” ucap Darwis.

Darwis menambahkan bahwa smartphone masa kini sudah mempunyai teknologi kamera yang cukup lengkap untuk bisa menghasilkan foto bagus, dimana dapat membantu para fotografer menghasilkan sebuah karya yang bagus.

OPPO Reno3 Tampilan Belakang

Apalagi ukuran smartphone yang ringkas dan ringan untuk dibawa kemanapun membuat penggunanya dapat menghasilkan foto secara cepat pada momen yang tidak terduga.

Darwis juga menuturkan bahwa smartphone seperti OPPO Reno3 dapat memberikan kebebasan dan kemudahan bagi para penyuka fotografi untuk dapat mengabadikan momen-momen indah dan penting dengan cepat. Prinsipnya adalah memaksimalkan cahaya untuk mengeksplorasi obyek foto.

Lebih jauh lagi, Darwis mengatakan bahwa fotografi merupakan tentang cahaya. Selama kita dapat mengerti cahaya, maka kita bisa menghasilkan sebuah foto yang bagus tanpa peduli mengenai alat yang digunakan.

“Sebab fotografi merupakan permainan cahaya dan apabila kita bisa memahami cahaya, maka kita bisa menghasilkan sebuah foto yang bagus dengan berbagai alat apapun tanpa ada batasannya,” tutur Darwis.

Menurutnya, aplikasi kamera OPPO Reno3 cukup lengkap fiturnya terutama dilengkapi dengan mode Manual atau Expert seperti kamera DSLR. Pengguna smartphone OPPO dikatakan seringkali tidak memaksimalkan fitur-fitur fungsional yang telah tersedia di dalam aplikasi kamera.

foto anak kecil darwis triadi(klik gambar untuk perbesar)

“Saya dapat menghasilkan foto bagus dengan menggunakan OPPO Reno3, dimana sudah dibuktikan dengan mencetak foto berukuran 1 meter yang masih terlihat detail dan tidak pecah. Selanjutnya, saya dapat memotret obyek berefek bokeh dengan mudah, pengambilan foto minim cahaya pun tidak masalah, dan terdapat mode expert yang memungkinkan saya dapat menggunakan pengaturan manual seperti saya menggunakan kamera,” tambah Darwis.

Sekilas, OPPO Reno3 mempunyai berbagai fitur kamera mulai dari ultrawide makro 3cm hingga 5x Hybrid Zoom. Dalam workshop fotografinya, Darwis memanfaatkan fitur kamera telephoto 5x Hybrid Zoom pada OPPO Reno3 untuk memotret model dengan gerakan dinamis.

Reno3-5xHybrid-Bright(Klik foto untuk resolusi asli)

Kemudian, Darwis Triadi memberikan tiga tips untuk dapat menghasilkan karya foto indah dari smartphone. Pertama, kita harus mempelajari fitur-fitur yang ada di smartphone tersebut. Kedua, kita harus melihat cahaya dengan tepat. Terakhir, kita harus melihat obyek dengan sudut pandang yang pas.

Dengan memperhatikan tiga lah tersebut kita dapat menghasilkan foto yang bagus, meskipun hanya menggunakan sebuah smartphone saja sehingga kita dapat mengeksplorasi fitur, mengasah pengalaman, dan membidik obyek dengan tepat.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar