Berita

Tombol Fisik Sudah Gak Jaman! Sentons Gandeng Foxconn Untuk Kembangkan Teknologi SDS ButtonBar

Sentons SDS ButtonBar Header

Gadgetren – Perusahaan di balik fitur AirTriggers ASUS ROG Phone II, Sentons, menggandeng Foxconn untuk mengembangkan tombol virtual pada lebih banyak ponsel pintar melalui teknologi SDS ButtonBar.

Teknologi yang disebut oleh Sentons sebagai Software-Defined Surfaces (SDS) ini menawarkan apa yang dimiliki oleh tombol virtual di dalam layar, namun juga menawarkan lebih banyak fleksibilitas.

Melalui piranti lunak tombol virtual terbaru ini, perusahaan ponsel pintar bisa membangun tombol virtual seperti tombol untuk daya dan kontrol suara ataupun tombol yang memiliki dukungan kontrol berbentuk gesture.

Dalam video demonstrasi yang diperlihatkan Sentons, teknologi ini bisa digunakan untuk menambahkan fitur jog wheel, kontrol permainan seluler tambahan, hingga kontrol dan tombol shutter kamera.

Secara teknis, SDS ButtonBar bisa bekerja dengan adanya modul bersisi dua puluh sensor ultrasonik berukuran submicron yang terdistribusi sepanjang pelat pendek dengan panjang 1,9 inci.

Perusahaan ponsel pada dasarnya bisa menempatkan pelat berisi sensor tersebut di berbagai macam sisi, termasuk di bagian tepi seperti ponsel tradisional, belakang bodi, tepi atas maupun tepi bawah.

Yang cukup menarik, teknologi yang terbilang baru ini bisa digunakan untuk semua jenis material yang digunakan pada berbagai material bodi ponsel mulai dari plastik, kaca, hingga logam sekaligus.

Teknologi yang tampaknya bisa memiliki andil besar dalam mempermudah pengoperasian ponsel pintar ini pun diklaim bisa digunakan pada perangkat-perangkat flagship yang biasanya mendukung fitur tahan debu dan air.

Selain itu, teknologi SDS ButtonBar juga dirancang dengan kemampuan untuk mengidentifikasi kesalahan sentuh yang telah menjadi masalah utama tombol virtual pada umumnya sehingga pengguna tidak perlu takut mematikan ponsel atau menutup aplikasi tanpa sengaja.

SDS ButtonBar juga memiliki kemampuan untuk membedakan antara sentuhan atau tekanan sehingga pengoperasian ponsel bisa lebih bervariasi dan fleksibel ketimbang menggunakan tombol fisik.

Adapun berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh XDA Developers, kerja sama dengan Foxconn akan memungkinkan Sentons untuk menyebarkan teknologi baru ini pada skala yang lebih besar.

Tinggalkan Komentar