Berita Perangkat Pintar

Google Kabarnya Persiapkan Chromecast Ultra Baru dengan Remote Bluetooth

Chromecast Ultra Header

Gadgetren -Beredar kabar bahwa Google berencana untuk mengeluarkan Chromecast Ultra generasi baru tahun ini sebagai aksesoris tambahan televisi. Perangkat pintar terbaru ini mirip seperti produk sebelumnya, tetapi ada satu tambahan yang akan disematkan beruma remote eksternal Bluetooth.

Dikabarkan oleh 9to5Google, perangkat ini akan mendukung konten 4R HDR dan memiliki konektivitas Bluetooth dan WiFi. Chromecast Ultra dapat digunakan untuk melakukan streaming konten dari perangkat lain seperti smartphone langsung ke TV melalui jaringan WiFi.

Chromecast generasi terbaru ini muncul dalam sertifikasi FCC yang diberi kode dengan nama “sabrina” serta nomor model GPJ100 dan FCC ID EMJRGP100.

Chromecast sendiri merupakan perangkat tambahan yang memungkinkan penggunanya mengakses aplikasi seperti YouTube TV, Netflix, Disney +, hingga Hulu pada TV mereka yang belum masuk ke dalam kategori pintar sekalipun.

Secara estetika, perangkat tersebut sepertinya punya desain yang seragam dengan lini Chromecast yang telah dijual Google sejak 2018. Bentuknya yang sedikit membulat dengan logo Google ā€œGā€ dan port HDMI akan tetap hadir pada Chromecast Ultra baru.

Soal ketersediaan, Chromecast generasi terbaru ini kabarnya akan diluncurkan bersamaan dengan smartphone Pixel 4A saat ajang Google I/O. Namun seperti yang kita ketahui, Google telah mengumumkan bahwa mereka telah membatakan Google I/O pada tahun 2020 ini dikarenakan wabah virus corona yang semakin meraja rela.

Menariknya lagi, keberadaan Chromecast Ultra baru ini pun juga diperkuat oleh kabar yang dihembuskan akun Twitter @jank0, dimana dalam cuitannya dikatakan ada Google Remote untuk perangkat yang belum diketahui telah masuk dalam sertifikasi FCC.

Remote Bluetooth tersebut diperkirakan akan mengambil acuan dari remote Daydream View dan remote Apple TV yang sudah ada. Remote ini nantinya akan memiliki mikrofon dan tombol Google Assistant khusus untuk mengontrol konten dengan suara pengguna.

Soal harga, Chromecast Ultra generasi terbaru ini masih belum diketahui sama sekali. Namun bila dilengkapi dengan remote Bluetooth, bisa jadi harganya akan lebih tinggi dari Google Chromecast Ultra yang ada saat ini.

Pastinya kehadiran remote khusus akan lebih memudahkan pengoperasian Chromecast karena terasa lebih intuitif layaknya menggunakan TV seperti biasa.

Tinggalkan Komentar