Aplikasi

Beberapa Pilihan Aplikasi Untuk Menghubungkan Handphone Ke TV

Aplikasi Untuk Menghubungkan Handphone Ke TV Header

Gadgetren – Pada handphone masa kini banyak yang sudah menyediakan fitur Screencast atau Screen mirroring secara bawaan agar dapat langsung dihubungkan ke TV.

Namun perlu dicatat bahwa fitur Screencast dapat bekerja apabila TV yang kamu miliki mendukung Miracast maupun sudah Smart TV. Selain itu, kamu juga dapat mengakali TV biasa dengan menggunakan dongle Chromecast agar bisa menampilkan konten pada handphone ke layar TV.

Sayangnya terkadang fitur Screencast yang hadir secara bawaan di handphone mengalami error sehingga tidak dapat terhubung dengan TV. Kamu pun dapat memasang aplikasi yang tersedia di Google Play Store sebagai alternatif untuk melakukannya.

Miracast TV – WiFi Display

MIracast - WiFi Display

Kamu dapat mengunduh aplikasi Miracast TV – WiFi Display dari Google Play Store. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menghubungkan handphone ke TV yang memiliki fitur Miracast, Smart TV, maupun dongle Chromecast.

Untuk bisa membuat aplikasi ini bekerja dengan baik, maka kamu harus mengaktifkan koneksi WiFi terlebih dulu. Biasanya TV dengan Miracast akan langsung menampilkan namanya untuk dipilih ketika ingin terkoneksi dengan handphone.

Sementara itu, aplikasi  Smart TV maupun dongle Chromecast akan meminta aplikasi untuk terhubung di jaringan WiFi yang sama agar dapat terhubung. Perlu diketahui bawa aplikasi ini mendukung handphone dengan sistem operasi Android 4.2 atau versi di atasnya.

Screen Mirroring – TV Miracast

Screen Mirroring - TV Miracast

Sebagai alternatif dari aplikasi Miracast TV, kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk menghubungkan handphone dengan TV. Kamu dapat memilih tiga mode sambungan berbeda meliputi Screen Mirror, Web Mirror, atau Miracast.

Untuk penghubungan handphone dengan Smart TV, kamu dapat menggunakan mode Screen Mirror. Sementara Web Mirror memungkinkan kamu dapat menghubungkan handphone dengan Smart TV melalui alamat IP di web browser.

Lalu mode Miracast mengizinkan handphone dapat terhubung dengan TV yang memiliki fitur Miracast. Kamu dapat mengunduh aplikasinya secara langsung melalui Google Play Store.

Cast to TV: Chromecast

Cast to TV Chromecast

Aplikasi yang dapat diunduh dari Google Play Store ini akan memintamu untuk menghubungkan handphone dengan TV yang memiliki Chromecast melalui jaringan Wi-Fi yang sama.

Setelahnya kamu pun dapat langsung menampilkan konten pada layar handphone ke TV. Selain itu, kamu juga dapat menghubungkan ponsel ke perangkat lain seperti Fire TV, Xbox, IPTV, dan Smart TV berbagai merek (Sony, Samsung, LG, dan lainnya) sesuai kebutuhan.

Screen Mirroring in smart view

Screen Mirroring in Smart View

Aplikasi yang satu ini memungkinkan kamu untuk menghubungkan handphone ke TV dengan Miracast, Smart TV, maupun dongle Chromecast. Tentunya kamu harus menghubungkan handphone dan TV pada jaringan WiFi yang sama.

Sementara pada beberapa TV, kamu perlu mengaktifkan fitur Miracast agar nantinya dapat terdeteksi di aplikasi. Proses penghubungan handphone pun sangat mudah, dimana aplikasi akan menghadirkan daftar beberapa TV dan kamu dapat langsung memilihnya agar terhubung secara cepat. Kamu dapat langsung mengunduhnya secara gratis dari Google Play Store.

Google Home

Google Home

Pada handphone Android masa kini biasanya sudah langsung terpasang aplikasi Google Home. Namun apabila belum, maka kamu dapat mengunduhnya sendiri dari Google Play Store.

Proses penghubungan antara handphone dengan Smart TV berbasis Android dan dongle Chromecast dapat langsung dilakukan melalui aplikasi Google Home. Namun tentunya perangkat yang terhubung harus berada di jaringan WiFi yang sama.

Tidak hanya ke televisi saja, sebenarnya kamu pun dapat juga mengendalikan beberapa perangkat IoT (Internet of Things) Smart Home buatan Google dari handphone melalui aplikasi Google Home.

Tinggalkan Komentar