Berita

AnTuTu Dihapus dari Google Play, Kenapa ya?

AnTuTu Dihapus Header

Gadgetren – Aplikasi-aplikasi uji coba benchmarking yang dikembangkan oleh AnTuTu seperti AnTuTu 3DBench, AnTuTu Benchmark, dan AITUTU Benchmark telah dihapus dari layanan Google Play Store.

Kabar dihapusnya aplikasi-aplikasi AnTuTu ini pertama kali ditemukan oleh portal berita Android Police. Namun sayangnya, belum bisa dipastikan kapan aplikasi-aplikasi tersebut dihapus oleh Google.

Menyadur keterangan yang disampaikan oleh Android Police, hal ini diduga kuat diakibatkan karena aplikasi-aplikasi AnTuTu berkaitan dengan Cheetah Mobile yang beberapa waktu lalu diblokir karena melanggar kebijakan privasi.

Android Police mengungkapkan bahwa indikasi ini muncul setelah tautan kebijakan privasi yang digunakan oleh AnTuTu tercatat menggunakan alamat cmcm.com, yang mana merupakan alamat web resmi dari Cheetah Mobile.

Memang tidak ada data resmi dari halaman web AnTuTu yang mereferensikan bahwa mereka berkaitan atau bahkan dimiliki oleh Cheetah Mobile. Akan tetapi, Fu Sheng selaku chairman Beijing AnTuTu Technology Corp tercatat sebagai orang yang sama dengan CEO Cheetah Mobile.

AnTuTu untungnya sudah menyadari hal ini. Mereka bahkan sudah mengganti tautan unduhan di halaman situs web yang semula dikaitkan dengan halaman Google Play Store ke tautan unduhan APK sederhana.

Zhao Chen selaku CEO AnTuTu bahkan sudah memberikan klasifikasi secara tegas kepada Android Police bahwa ada kesalahpahaman karena AnTuTu benar-benar tidak ada korelasinya dengan akun Cheetah Mobile.

Zhao Chen menyebutkan bahwa Cheetah Mobile memang memberikan investasi ke perusahaan yang didirikannya pada tahun 2011 dan menjadi pemegang saham sejak tahun 2014.

Zhao Chen pun tidak menyangkal bahwa mereka juga menggunakan cmcm.com sebagai alamat di tautan kebijakan privasinya karena mereka memang membeli layanan legalitasnya dari Cheetah Mobile.

Meskipun demikian, Zhao Chen memastikan bahwa AnTuTu memang mengelola banyak akun saham tapi perusahaannya tetap beroperasi secara independen termasuk untuk pengelolaan akun Google Play.

Zhao Chen menegaskan bahwa Cheetah Mobile belum pernah menyentuh akun Google Play yang dimiliki oleh perusahaannya dan menyangkal telah melakukan promosi perangkat lunak buatan Cheetah Mobile.

Saya sendiri menyetujui apa yang diungkapkan oleh Android Police, ada baiknya kita masih menghindari aplikasi ini meskipun hal pemblokirannya hanya sekedar masalah kesalahpahaman. Mari kita tunggu saja hingga permasalahan ini lebih jelas terbuka.

Tinggalkan Komentar