Aplikasi Berita

Dari Pengembang TikTok, Aplikasi Musik Resso Sasar Pasar Indonesia

Resso Header

Gadgetren – Setelah sukses dengan aplikasi video singkat TikTok, Bytedance baru saja menunjukkan eksistensinya kembali dengan merilis aplikasi streaming musik bernama Resso untuk wilayah Indonesia dan India.

Aplikasi musik ini kabarnya menyadur beberapa fitur dari TikTok seperti navigasi menggeser dari bawah ke atas untuk mengganti lagu. Disamping itu, Resso juga menampilkan fitur yang belum ada di aplikasi streaming musik lainnya, yakni interaksi sosial dan konten yang akan menjadi viral.

Setelah kamu mengunduh dan menginstal aplikasi ini, musik yang ditawarkan Resso akan dimulai dengan memilih lagu mana yang cocok dengan suasana hati kamu. Tak seperti Spotify yang hanya menyediakan lirik saja saat lagu diputar, Resso menawarkan fitur unik untuk berbagi lirik, memberikan like dan komentar, serta daftar lagu yang lengkap.

Selain itu, lirik dari salah satu lagu yang kamu pilih dapat dbagikan ke Instagram Story pribadi kamu dan media sosial lainnya seperti Facebook dan WhatsApp. Fitur lainnya lagi, setiap lagu memiliki video selama enam detik bernama Vibe yang diputar secara otomatis sebagai latar belakang dan uniknya bisa dibuat oleh kamu sendiri atau pengguna Resso lainnya.

Pertama kali diluncurkan, Resso memiliki dua versi yang dapat digunakan, yakni Gratis dengan iklan dan Premium yang mengharuskan kamu membayar secara bulanan dengan harga sekitar $1,35 untuk Android dan $1,60 untuk iOS.

Buat kamu yang baru saja mengunduh Resso dan ingin coba berlangganan, Resso juga menawarkan uji coba berlangganan selama seminggu sehingga kamu dapat menguji fitur premium sebelum berkomitmen.

Perbedaan dari kedua versi tersebut terletak pada kualitas bitrate audio yang bisa dipilih. Pengguna versi gratis dibatasi hingga bitrate 128Kbps, sementara pelanggan berbayar dapat menikmati musik pada bitrate 256Kbps.

Hingga kini ByteDance belum memberikan keterangan resmi soal berapa banyak lagu yang tersedia, tetapi Tech Spot mengabarkan bahwa ByteDance berhasil mencapai kesepakatan dengan Sony Music dan Warner Music untuk urusan lisensi penggunaan musik.

Dipilihnya Indonesia dan India sebagai peluncuran awal Resso bukanlah hal yang acak. Bytedance memilih India karena negara tersebut memiliki sekitar 200 juta pengguna TikTok, sedangkanĀ  TikTok sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di Indonesia per tahun 2020.

Meski demikian, pasar streaming musik di India terbilang sangat kompetitif karena sudah ada pilihan aplikasi musik seperti Gaana dan JioSaavn. Belum lagi ada pemain global seperti Apple Music, Spotify, dan YouTube Music yang turut meramaikan segmen ini.

Menurut data yang diambil dari Tech Node, riset Counterpoint mengungkapkan bahwa segmen aplikasi musik secara global pada paruh pertama 2019 telah dikuasai TikTok sebesar 35% dan disusul Apple Music dengan 20% pangsa pasar.

Sementara itu, Indonesia sebagai negara terpadat keempat di dunia memiliki tingkat penggunaan internet sebesar 64,8% dan akan terus meningkat. Maka dari itu tidak heran jika Resso ingin menjejakkan langkahnya pertama kali di Indonesia.

Aplikasi musik Resso sendiri sudah tersedia di perangkat Android dan bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store.

Tinggalkan Komentar