Berita Game

Khawatir Akan Virus Korona, Konferensi Game Terbesar Dunia Terpaksa Ditunda

GDC 2020 Batal Header

Gadgetren – Game Developers Conference atau yang biasa disingkat GDC seharusnya akan berlangsung pada 16-20 Maret 2020 di San Fransisco Amerika Serikat, namun telah diumumkan ditunda di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang wabah virus korona yang mendunia.

Acara ini telah hadir sejak tahun 1988, namun pihak GDC melalui website resminya jumat pekan lalu telah memutuskan secara terpaksa untuk menunda konferensi tersebut dikarenakan kondisi yang sangat genting akan penyebaran virus korona 

Penyelenggara GDC juga mengatakan bahwa mereka bermaksud untuk menjadi tuan rumah acara GDC nanti di musim panas dan akan bekerja dengan mitranya untuk menyelesaikan detail serta memberikan informasi lebih lanjut tentang rencana penyelenggara dalam beberapa minggu mendatang.

Salah satu mitra agensi GDC di akun Twitter-nya bernama Thomas Bidaux @icotom (29/02/2020) pun telah megonfirmasi kabar ini. Dalam cuitannya ia menjelaskan bahwa acara GDC telah ditunda dan semua tiket akan dikembalikan walaupun membutuhkan waktu untuk dapat memproses pengembalian tiket tersebut.

Dalam postingan tersebut juga memberitahukan bahwa kepada semua pembicara yang hadir diharapkan memberikan bahan presentasi mereka agar dapat dikirim secara online. Beberapa acara dalam GDC pun akan tetap diselenggarakan, namun untuk sementara waktu masih dilakukan online di video live streaming Twitch.

Mengutip informasi dari Tech Radar, berbagai perusahaan teknologi seperti Sony, Facebook, Electronic Arts, Kojima Productions, Unity, Amazon, dan Epic telah menarik kehadiran mereka di GDC 2020. Alasan mereka masing-masing menyebutkan masalah kesehatan dan keselamatan terkait acara tersebut.

Banyak pemain utama yang absen dari GDC 2020 sehingga jumlah peserta konferensi tentunya akan menjadi jauh berkurang. Facebook yang juga telah mundur dari acara GDC juga sempat memberikan saran agar semua karyawan untuk menahan diri dari bepergian ke acara-acara besar.

Penundaan GDC ini menurut kabar berita The Verge juga dikarenakan walikota San Fransisco yang telah mendeklarasikan keadaan darurat sebagai persiapan diri terhadap kemungkinan infeksi virus korona.

Namun, San Francisco sendiri belum memiliki kasus yang telah dikonfirmasi mengenai virus korona. Meski demikian, setidaknya satu orang California dari Solano County telah mengidap penyakit korona dari kabar yang telah beredar.

GDC sendiri merupakan konferensi tahunan untuk para pengembang video game sebagai ajang berbagi informasi mengenai perkembangan dunia game serta membangun jaringan di kalangan profesional teknologi maupun game dan jurnalis di industri game. Untuk tahun lalu, GDC sendiri telah mencapai rekor kehadiran dengan lebih dari 29.000 orang.

Tinggalkan Komentar