Berita Smartphone Tablet

Smartphone Layar Lipat HUAWEI Mate Xs Segera Meluncur di Indonesia, Kapan?

HUAWEI Mate Xs Model Header

Gadgetren – Dalam acara Media Gathering Huawei Consumer Business Product and Strategy, Huawei secara resmi memperkenalkan produk terbarunya yang bernama HUAWEI Mate Xs di Indonesia.

Setelah peserta yang hadir diajak untuk menonton bareng peluncuran HUAWEI Mate Xs yang dilakukan di luar negeri, Huawei langsung memperkenalkan smartphone layar lipat terbarunya ini di Jakarta.

Dalam acara Media Gathering ini, pihak Huawei memberikan sinyal bahwa Mate Xs akan segera hadir di Indonesia pada pertengahan tahun 2020 atau sekitar kuartal ke-3. Hal ini bisa terjadi karena Huawei harus melakukan proses TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) terlebih dahulu untuk bisa menjual produk layar lipat tersebut di tanah air.

Lo Khing Seng selaku Deputy Country Director Huawei Consumer Business Group mengungkapkan bahwa pihak Huawei akan segera merilis Mate Xs di Indonesia. Namun masih ada proses yang harus dilakukan sehingga Huawei akan coba memasukkannya di pertengahan tahun atau kuartal ke-3 tahun 2020 ini.

Bisa dibilang ini merupakan bagian dari rencana Huawei untuk dapat secepat mungkin menghadirkan produk flagship mereka ke Indonesia.

HUAWEI Mate Xs Petinggi

Lo Khing Seng juga menyebutkan bahwa tidak ada kendala internal dan mengetahui situasi yang pasti setelah pemblokiran Amerika Serikat terhadap Huawei sejak tahun lalu sehingga Mate Xs dijanjikan akan diluncurkan dan dijual di Indonesia.

Masih di acara yang sama, saya pun berkesempatan untuk memegang satu unit Mate Xs yang dibawa oleh pihak Huawei. Secara kasat mata, perangkat yang satu ini memiliki keunikan pada layarnya yang bisa dilipat.

HUAWEI Mate Xs Bentang

Pada saat saya membentangkannya, Mate Xs akan menjadi besar dengan layar 8 inci yang membuatnya seperti tablet. Namun ketika saya melipatnya, perangkat ini akan menjadi seperti smartphone dengan ukuran layar 6 inci.

Berbeda dengan Galaxy Fold yang hadir dengan dua layar yang terpisah antara layar dalam yang bisa dilipat dan cover, HUAWEI Mate Xs ini hanya menggunakan satu layar yang dapat dibentangkan dan dilipat sekaligus. Hal ini pun membuat Mate Xs seperti memiliki layar yang pas dan simetris ketika berubah menjadi mode smartphone.

HUAWEI Mate Xs Lipat

Meskipun layarnya bisa dilipat, namun material yang digunakan Mate Xs terasa kokoh. Apalagi saat memegangnya, saya merasakan sebuah perangkat untuk kelas atas dengan desain yang unik dan menarik.

HUAWEI Mate Xs mempunyai empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 40 MP, kamera telephoto 8 MP, kamera ultrawide 16 MP, dan kamera TOF (Time of Flight) 3D. Kombinasi keempat kamera ini memungkinkan saya menghasilkan foto yang bagus dengan berbagai pilihan mode.

Pada saat saya melipat layar Mate Xs, empat kamera belakangnya ini juga dapat digunakan untuk berfoto selfie atau wefie. Bisa dibilang Mate Xs ini tidak memerlukan kamera depan tersendiri berkat layarnya yang bisa dilipat.

HUAWEI Mate Xs Back

Sementara dari sektor hardware, perangkat yang satu ini hadir dengan chipset Kirin 990 Octa-Core 2,8GHz, RAM 8 GB, penyimpanan internal 512 GB, baterai 4.500mAh, 55W SuperCharge, dukungan jaringan 5G, NFC, WiFi, dan Bluetooth.

Meskipun sudah menggunakan EMUI 10 berbasiskan Android 10, namun Google Mobile Services harus absen pada perangkat ini. Sementara itu, pihak Huawei meyakinkan bahwa Huawei AppGallery dengan Huawei Mobile Services sudah menghadirkan banyak aplikasi pihak ketiga atau populer dengan cukup lengkap.

Tinggalkan Komentar