Berita Smartphone Tablet

Huawei Luncurkan HUAWEI Mate Xs dan MatePad Pro 5G Secara Global

Huawei Mate XS MatePad Pro 5G Header

Gadgetren – Huawei akhirnya memperkenalkan dua perangkat barunya, HUAWEI Mate Xs dan HUAWEI MatePad Pro 5G, secara global pada tanggal 24 Februari 2020 kemarin di Barcelona, Spanyol.

Kedua smartphone ini tampaknya akan mengisi pasar yang berbeda dari gawai Huawei sebelumnya, yang mana Mate Xs akan mengisi pasar ponsel lipat sementara MatePad Pro 5G akan mengisi pasar tablet.

Mate Xs merupakan perangkat lanjutan dari Mate X yang diperkenalkan tahun 2019 lalu. Perangkat ini pun bahkan masih mengadopsi desain yang serupa dengan pendahulunya tersebut.

Berbeda dari beberapa ponsel yang bisa dilipat pada umumnya, Mate Xs memiliki layar berukuran 8 inci yang bisa dilipat ke bagian luar sehingga tidak memerlukan layar kedua yang biasanya berukuran kecil untuk pengoperasian ketika dalam mode lipat.

Dikutip dari XDA Developers, layar Mate Xs sendiri dibangun dengan empat lapisan konstruksi yang terdiri dari dua lapisan polyamide film, layar OLED fleksibel, bantalan dari polimer lunak, dan lapisan yang dihubungkan ke bodi smartphone.

Selain menawarkan ketahanan layar yang lebih baik dengan lapisan-lapisan yang sudah dijelaskan, Mate Xs juga dilengkapi dengan desain engsel baru yang diklaim bisa digunakan secara lebih halus dan bandel dibandingkan desain yang sebelumnya.

Di sektor mesin, peningkatan Mate Xs bisa dilihat dari SoC Huawei Kirin 990 yang terintegrasi dengan jaringan 5G serta bersama RAM 8 GB, penyimpanan 512 GB, dan baterai 4.500mAh.

Huawei Mate XS MatePad Pro 5G - Huawei Mate XS

Mate Xs mengemas teknologi quad-camera seperti kebanyakan smartphone masa kini. Perangkat ini memiliki lensa utama 48 MP, lensa telephoto 8 MP, lensa sudut lebar 16 MP, dan sensor kedalaman.

Sementara di sisi lain, MatePad Pro 5G merupakan perangkat tablet penerus MatePad Pro yang juga diperkenalkan tahun 2019 lalu. Bedanya, perangkat ini hadir sebagai varian yang mendukung jaringan 5G.

Selain itu, tablet premium ini juga membawa dukungan pengisian daya cepat nirkabel 27 Watt dan fitur reverse wireless charging 7,5 Watt untuk mengisi daya penutup berupa keyboard atau stylus.

Dengan menggunakan desain punch hole di bagian sudut kiri atas sebagai rumah kamera, layar MatePad Pro 5G tercatat berukuran sebesar 10,8 inci dengan resolusi 2560 x 1600 piksel.

Huawei Mate XS MatePad Pro 5G - MatePad Pro 5G

Perangkat ini ditenagai oleh SoC Kirin 990, RAM 8 GB, memori penyimpanan internal 512 GB dan baterai berkapasitas 7.250mAh sehingga tidak perlu diragukan lagi kemampuan yang ditawarkannya.

Sayangnya, dua produk baru Huawei ini hadir secara Global tanpa dukungan Google Play Service di dalamnya. Diakibatkan oleh pemblokiran bisnis yang dialaminya, Huawei kini menyematkan Huawei Mobile Services (HMS) sebagai penggantinya.

Mate Xs rencananya akan dibawa ke pasar Indonesia pada pertengahan tahun 2020. Untuk harganya sendiri, perangkat ini secara global tercatat dijual pada kisaran Rp 38 Jutaan.

Sementara untuk MatePad Pro 5G belum bisa dipastikan akan diedarkan di Indonesia, namunperangkat ini secara global memiliki harga yang lebih terjangkau mulai dari kisaran Rp 12 Jutaan.

Tinggalkan Komentar