ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

2 Cara Reset iPhone Untuk Mengatur Ulang Ke Pengaturan Pabrik

Cara Reset iPhone Untuk Mengatur Ulang Header

Gadgetren – Mengatur ulang ke kondisi pabrik adalah salah satu jalan yang bisa ditempuh oleh pengguna iPhone sebelum menjual atau memberikan perangkat ke orang lain agar data-datanya tetap aman.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa menyegarkan perangkat dari berbagai macam konten dan aplikasi yang dipasang dengan menggunakan metode ini. Jadi nantinya sistem yang berjalan di perangkat akan terasa seperti baru lagi.

Apple selaku pengembangnya pun telah memberikan dua metode yang bisa digunakan oleh pengguna dalam hal ini. Keduanya sama-sama menawarkan langkah yang mudah sehingga kamu tak perlu bingung dalam hal ini.

Cara Reset iPhone Langsung Dari Pengaturan

Jika tidak memiliki komputer, maka kamu bisa menggunakan metode yang satu ini. Kamu bisa mengatur ulang perangkat secara langsung dari perangkat iPhone yang dimiliki tanpa perlu bantuan tambahan.

Kamu bisa melakukannya dengan mengunjungi halaman Settings > General > Reset. Selanjutnya pilih jenis reset yang diinginkan, lalu kemudian masukkan kata sandi dan kunci jika diminta.

Untuk jenis reset yang disediakan, kamu bisa memilih:

  • Erase All Content and Settings jika ingin menghapus semuanya
  • Reset All Settings jika hanya untuk menghapus pengaturan
  • Reset Network Settings jika hanya untuk menghapus pengaturan jaringan
  • Reset Keyboard Dictionary jika hanya untuk menghapus data kata-kata di dalam kamus untuk keyboard
  • Reset Home Screen Layout jika hanya ingin mengembalikan ke tampilan awal
  • Reset Location & Privacy jika hanya ingin mengembalikan pengaturan layanan lokasi dan privasi.

Reset Melalui Komputer

Metode yang kedua, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan bantuan komputer. Metode ini memiliki keunggulan di mana perangkat nantinya akan dipulihkan dengan sistem versi terbaru dari perangkat lunak yang digunakan.

Namun sebelum melakukannya, pastikan untuk menggunakan komputer dengan sistem Windows atau MacOS terbaru. Selain itu, kamu juga perlu mengunduh aplikasi iTunes terbaru jika menggunakan komputer Windows atau versi MacOS yang lebih lawas dari Mojave 10.14.

Selanjutnya, kamu juga perlu untuk menonaktifkan Find My iPhone di dalam perangkat. Kamu bisa melakukannya dengan mengunjungi halaman Settings > [Nama Pengguna] > iCloud dan mengetuk menu Find My iPhone. Jangan lupa untuk memasukkan kata sandi jika diminta.

Jika semua sudah siap, kamu selanjutnya bisa membuka aplikasi iTunes (untuk Windows dan versi MacOS yang lebih lawas dari Mojave) atau Finder untuk versi MacOS yang lebih baru dari Catalina 10.15.

Cara Reset iPhone Untuk Mengatur Ulang Lewat iTunes

Setelah terbuka, hubungkan perangkat dengan komputer menggunakan kabel lalu masukkan kata sandi jika diminta dan ikuti langkah-langkah yang diberikan. Selanjutnya, pilih perangkat iPhone yang dimaksud dari aplikasi.

Dari halaman yang muncul, pilih tombol Restore [Nama Perangkat] lalu kemudian konfirmasi dengan menekan tombol Restore sekali lagi. Supaya berhasil, kamu memerlukan jaringan internet yang bagus ketika menggunakan metode ini.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar