Tips dan Trik

Cara Cek IMEI iPhone dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek IMEI iPhone Header[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Mulai tanggal 18 April 2020, aturan blokir smartphone ilegal lewat IMEI mulai diberlakukan oleh pemerintah Indonesia.

Semua smartphone ilegal atau BM (Black Market) yang dibeli setelah aturan ini aktif tidak akan bisa menggunakan jaringan internet di Indonesia. Dengan begitu hanya smartphone resmi yang sudah terdaftar saja yang akan bisa beroperasi.

Meskipun aturan ini berlaku bagi smartphone yang baru dibeli setelah tanggal 18 April 2020, namun hal ini pun membuat banyak orang penasaran untuk mengecek IMEI di perangkatnya masing-masing.

Tak hanya pengguna smartphone Android, para pemilik iPhone pun ingin mengetahui IMEI yang terdapat di perangkat miliknya. Untungnya nomor identifikasi ini sangat mudah sekali untuk ditemukan.

Jika kamu salah satu pengguna iPhone yang ingin mengecek nomor IMEI dari perangkat yang digunakan, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Cek IMEI iPhone Dari Pengaturan

  1. Buka aplikasi Settings atau Pengaturan di iPhone
  2. Gulir ke bawah hingga menemukan menu General atau Umum
  3. Selanjutnya, pilih menu About atau Mengenai Telepon
  4. Pada halaman tersebut akan menampilkan berbagai informasi dari perangkat
  5. Gulir ke bawah hingga menemukan nomor IMEI

Menggunakan Kode Dial

  1. Buka aplikasi Phone atau Telepon di iPhone
  2. Ketikkan kode *#06#
  3. Tekan tombol panggilan telepon
  4. iPhone secara otomatis akan menampilkan nomor IMEI yang dimiliki

Kode dial *#06# merupakan kode universal yang dapat digunakan oleh beragam ponsel, baik feature phone maupun smartphone untuk mendapatkan nomor IMEI. Apabila iPhone kamu mendukung dua kartu SIM, maka akan ditampilkan dua nomor IMEI sekaligus.

Sama halnya juga pada halaman About, kamu akan melihat Primary dan Second IMEI untuk iPhone yang memiliki dua kartu SIM. Bisa dibilang menggunakan kode atau melalui menu Settings merupakan cara yang paling mudah untuk mendapatkan nomor IMEI dari perangkat iPhone yang kamu miliki.

Sementara itu, kamu sudah langsunjuga dapat melihat IMEI pada bodi belakang iPhone pada saat melakukan pembelian pertama kali. Tak hanya itu, kamu juga dapat melihat nomor IMEI pada slot kartu SIM iPhone yang tersedia.

Apabila kamu sudah mengetahui nomor IMEI dari iPhone yang dimiliki, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi situs resmi IMEI Kemenperin dan mengecek apakah perangkat terdaftar atau tidak di database.

Setelah IMEI dimasukkan dan tombol Search ditekan, maku kamu akan dihadapkan pada notifikasi IMEI terdaftar di database Kemenperin jika iPhone yang kamu miliki resmi. Namun notifikasi tidak terdaftar akan muncul apabila iPhone yang kamu miliki tidak resmi.

Tinggalkan Komentar