Aplikasi Berita

Kini Bayar SPP Sekolah Bisa Pakai GoPay di Aplikasi Gojek

Bayar SPP Sekolah Pakai GoPay GoJek Header

Gadgetren – Tak lama setelah Nadiem Makarim dilantik menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, banyak masyarakat Indonesia yang berceloteh bahwa nantinya SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) sekolah akan bisa dibayar melalui aplikasi Gojek.

Hari ini celotehan tersebut menjadi kenyataan karena pasalnya Gojek telah mengumumkan fitur pembayaran SPP melalui aplikasinya di smartphone berbasis Android maupun iOS.

Dengan hadirnya fitur ini, para orang tua dan wali murid dapat membayar SPP serta biaya pendidikan lain seperti buku, seragam, dan kegiatan ekstrakurikuler menggunakan GoPay.

Pembayaran SPP dan biaya pendidikan lainnya dapat dilakukan melalui fitur GoBills yang tersedia di aplikasi Gojek. Caranya pun terbilang sangat mudah karena tidak jauh berbeda dengan pembayaran tagihan seperti listrik atau asuransi.

Cara Bayar SPP Sekolah Pakai GoPay

  1. Buka aplikasi Gojek di smartphone
  2. Setelah masuk halama utama aplikasi, pilih menu GoBills
  3. Selanjutnya buka menu Sekolah
  4. Kemudian pilih Instansi Pendidikan
  5. Masukkan Nomor Induk Siswa atau Mahasiswa dan tekan tombol Next atau Lanjut
  6. Kemudian kamu akan dihadapkan pada jumlah tagihan SPP atau biaya lainnya
  7. Pastikan jumlah tagihan benar dan saldo GoPay mencukupi
  8. Setelah dipastikan benar, masukkan PIN rahasia akun yang kamu miliki untuk melanjutkan pembayaran
  9. Aplikasi Gojek akan menampilkan struk yang menyatakan bahwa pembayaran berhasil

SPP GoPay Tutorial(tekan gambar untuk perbesar)

Nantinya struk yang muncul pada aplikasi Gojek ini dapat kamu simpan dengan cara screenshot sebagai bukti pembayaran SPP dan biaya pendidikan lainnya. Namun apabila kamu kelupaan untuk menyimpannya, maka kamu dapat menemukannya di halaman Riwayat Pembayaran.

Untuk saat ini pihak Gojek telah bekerjasama dengan sekitar 180 lembaga pendidikan untuk program pembayaran SPP mulai dari pesantren, madrasah, sekolah, dan tempat kursus di penjuru Indonesia.

Dengan kata lain kamu harus bersabar apabila terdapat sekolah yang belum muncul di GoBills karena masih sangat terbatas dan ke depannya akan terus ditingkatkan oleh pihak Gojek.

Arno Tse selaku Senior Vice President Sales GoPay mengatakan bahwa sebagai uang elektronik yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, GoPay akan terus meningkatkan loyalitas pengguna dengan selalu menawarkan kemudahan dan kebebasan dalam bertransaksi mulai dari membayar berbagai layanan Gojek, tagihan, pajak, donasi, hingga SPP sekolah.

Arno juga mengungkapkan bahwa hal ini sejalan dengan strategi GoPay untuk tetap menjadi dompet digital terdepan di Indonesia melalui inovasi dan pengembangan fungsi secara berdedikasi. Sejak diluncurkan pertama kali di tahun 2017, Gojek telah mengembangkan GoBills menjadi sebuah fitur lengkap untuk pembayaran tagihan dari berbagai layanan.

“Selain memberikan kemudahan pada orang tua, lembaga pendidikan yang tergabung juga akan ikut merasakan manfaat transaksi digital, di antaranya penerimaan iuran yang jelas dan pencatatan transaksi yang lebih rapi dan teratur. Pihak Gojek berharap dapat menjangkau lebih banyak lagi lembaga pendidikan di seluruh Indonesia untuk menerapkan pembayaran digital,” tutup Arno.

Menurut kamu, apakah metode pembayaran SPP sekolah menggunakan GoPay ini bisa menjadi solusi yang memudahkan para orang tua?

Tinggalkan Komentar