Berita

Samsung DeX Station, Smartphone Diubah Jadi Komputer? Bisa Kok

Samsung Dex Station header

Salah satu perangkat yang menarik dalam peluncuran Samsung Galaxy S8 dan S8+, selain kedua smartphone itu sendiri adalah Samsung DeX Station. Dengan hadirnya perangkat ini memungkinkan kedua smartphone tersebut dapat menjadi sebuah komputer desktop ketika terhubung di monitor.

Dengan kemudahan ini, memungkinkan pengguna Galaxy S8 dan S8+ merasakan pengalaman sistem operasi Android layaknya komputer desktop dan bekerja menggunakan keyboard maupun mouse untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Dalam DeX Station dock sendiri terdapa beberapa port penting, seperti Ethernet, HDMI, USB 2.0, dan USB Type-C. Selain itu, kipas pendingin pun dihadirkan untuk menunjang Samsung Galaxy S8 atau S8+ agar tidak kepanasan ketika sedang berada di dalam dock tersebut.

Cara Menggunakan Samsung DeX Station

samsung dex station cara menggunakan

  • Untuk bisa membuat smartphone menjadi komputer desktop, pertama Gadgeter harus menancapkan Samsung Galaxy S8 atau S8+ pada port USB Type-C yang berdiri dalam Samsung Dex Station dock.
  • Selanjutnya, Gadgeter dapat menyambungkan dock dengan monitor menggunakan port dan kabel HDMI yang tersedia.
  • Kemudian secara otomatis tampilan layar Samsung Galaxy S8 atau S8+ akan tampil juga pada monitor
    Menariknya, tampilan layar monitor akan luas layaknya komputer desktop.
  • Terakhir, Gadgeter dapat memilih aplikasi yang dibutuhkan, mulai dari editor foto seperti Lightroom hingga untuk pekerjaan sehari-hari seperti Microsoft Office Mobile.
  • Selain itu, Gadgeter dapat membeli keyboard dan mouse Samsung yang dapat diterima oleh Samsung DeX Station Dock sehingga pengalaman berkomputer lebih nyaman.

Dengan layar yang luas maka produktivitas penggunanya akan semakin meningkat karena bisa membuka aplikasi, video, foto, maupun musik dengan area yang besar dibandingkan melihatnya pada layar smartphone. Bahkan pengguna Samsung Galaxy S8 dan S8+ masih bisa menerima SMS, telepon, maupun chat langsung dari mode komputer desktop.

Sebenarnya Samsung DeX Station ini mirip dengan teknologi Continuum yang dimiliki oleh Microsoft Lumia 950 dan 950 XL yang memungkinkan Windows 10 Mobile dapat menjadi seperti komputer desktop ketika terhubung dengan monitor maupun televisi, dimana aplikasi mobile akan secara otomatis menjadi lebih lebar karena menyesuaikan area.

Sekilas, DeX Station dock akan dijual secara terpisah dengan Samsung Galaxy S8 dan S8+, namun apabila Gadgeter membelinya secara pre-order maka akan mendapatkannya secara gratis. Selain itu, DeX Station dock hanya bisa digunakan oleh Samsung Galaxy S8 dan S8+ saja.

Leave a Comment

1 Comment