Berita Smartphone

Samsung Galaxy S20 Ultra Dirilis! Andalkan Quad Camera 108 MP dan 100x Zoom

Hari ini Samsung secara resmi meluncurkan beragam smartphone flagship terbarunya, seperti Galaxy S20 Ultra, S20+, S20, dan Z Flip.

Di antara semuanya, Galaxy S20 Ultra terlihat sangat menarik karena dibekali dengan empat kamera belakang yang mempunyai kamera utama bersensor 108 MP.

Samsung menghadirkan teknologi 9-in-1 pixel binning pada Galaxy S20 Ultra sehingga kamera utamanya secara bawaan akan menghasilkan foto beresolusi 12 MP dengan kualitas yang bagus pada kondisi minim cahaya atau malam hari. Apalagi kamera utama ini dibekali juga dengan Optical Image Stabilization (OIS) dan apertur f/1.8.

Samsung Galaxy S20 Ultra Camera

Kamera utamanya juga mampu merekam video hingga beresolusi 8K yang nantinya dapat diunggah ke YouTube atau ditonton di televisi 8K. Ditambah fitur Super Steady, Samsung menjanjikan video yang stabil ketika direkam menggunakan kamera Galaxy S20 Ultra

Sementara tiga kamera belakang sisanya mempunyai kombinasi kamera ultrawide 12 MP (apertur f/2.2), kamera telephoto 48 MP (apertur f/3.6), dan kamera DepthVision. Kamera ultrawide mampu menghasilkan foto dengan area yang luas hingga sudut 120 derajat sehingga cocok digunakan untuk memotret pemandangan, perkotaan, maupun tempat yang banyak orang di dalamnya.

Galaxy S20 Ultra menjadi smartphone pertama Samsung yang menggunakan lensa periskop pada kamera telephoto miliknya. Dengan teknologi 4-in-1 pixel binning, membuat kamera telephoto mampu menghasilkan foto beresolusi 12 MP dengan tajam dan jernih.

Samsung mengklaim bahwa kamera Galaxy S20 Ultra mampu menghasil foto jarak jauh dengan bagus hingga 10x Hybrid Optical Zoom atau 100x Super Resolution Zoom. Kamera telephoto smartphone ini juga dibekali dengan OIS yang mampu membuat foto tidak pecah dan buram ketika penggunanya melakukan zoom yang jauh terhadap obyek yang dibidik.

Beralih ke bagian depan, Galaxy S20 Ultra mempunyai kamera selfie dengan sensor 40 MP. Berbekal teknologi 4-in-1 pixel binning, membuat foto selfie atau wefie yang dihasilkan beresolusi 10 MP dengan kualitas yang meningkat.

Mengikuti tren saat ini, layar dari Galaxy S20 Ultra mempunyai refresh rate 120 Hz dan sampling rate 240 Hz yang mampu membuat animasi transisi sistem terasa mulus dan sentuhan jari menjadi sangat responsif.

Namun layarnya secara bawaan akan menggunakan refresh rate 60 Hz. Untuk itu, pengguna Galaxy S20 Ultra dapat mengubah pengaturan refresh rate menjadi 120 Hz pada menu Settings. Sementara itu, layar Galaxy S20 Ultra menggunakan resolusi Quad HD+ (3200 x 1400 piksel), teknologi Dynamic AMOLED 2X, dan HDR10+

Dengan lebar 6,8 inci, layar smartphone ini menggunakan desain Infinity-O yang memenuhi bagian depan dengan punch hole di bagian atas dan bezel yang tipis. Untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar, Corning Gorilla Glass 6 telah disematkan pada perangkat ini.

Samsung Galaxy S20 Ultra Portrait

Dari sektor hardware, Galaxy S20 Ultra diotaki dengan chipset yang mempunyai pilihan Exynos 990 Octa-Core 2,73 GHz atau Qualcomm Snapdragon 865 Octa-Core 2,84 GHz. Seperti biasanya, pilihan chipset ini tergantung kebijakan Samsung di negara yang menjual smartphone ini.

RAM dengan pilihan 12 GB atau 16 GB dan penyimpanan internal dengan pilihan 128 GB, 256 GB, atau 512 GB didaulat mendampingi kemampuan dari chipset yang dibenamkan dalam Galaxy S20 Ultra.

Baterai berkapasitas 5000mAh yang disematkan pada smartphone ini diklaim Samsung mampu bertahan selama seharian dalam pemakaian normal. Dukungan pengisian daya cepat kabel 45W dan nirkabel 15W telah disematkan pada perangkat ini.

Samsung Galaxy S20 Ultra Screen

Hampir sama dengan smartphone kelas atas Samsung generasi sebelumnya, Galaxy S20 Ultra telah dilengkapi dengan fitur Reverse Wireless Charging yang dapat mengisi daya baterai perangkat lain secara nirkabel. Namun hal yang perlu diingat, perangkat lain yang dicas harus juga mendukung teknologi nirkabel.

Tak ketinggalan, dukungan dua kartu SIM, WiFi, Bluetooth, dan OneUI 2.0 berbasiskan Android 10 telah hadir di dalamnya. Samsung Galaxy S20 Ultra ini hadir dengan versi 4G LTE atau 5G. Smartphone ini juga mempunyai beberapa varian RAM dan penyimpanan internal.

Meskipun mempunyai banyak varian, namun Galaxy S20 Ultra yang hadir di Indonesia menggunakan RAM 12 GB dan penyimpanan internal dengan harga yang mencapai Rp 18.499.000. Pihak Samsung Indonesia mengatakan bahwa pre-order produk ini sudah dimulai sejak tanggal 12 Februari 2020 di situs Samsung Unpacked Indonesia.

Tinggalkan Komentar