Sponsored Content

OPPO Akan Bawa Teknologi Layar Refresh Rate 120Hz, Apa Itu?

OPPO Find X2 Back Auror

Gadgetren – Baru-baru ini OPPO telah mengungkapkan bahwa Find X2 akan menjadi smartphone flagship terbarunya di tahun 2020 yang membawa layar 2K dengan refresh rate 120Hz.

Tentunya sebagian dari kamu merasa penasaran mengenai apa itu refresh rate 120Hz. Menurut Jarry Kang selaku analis dari IHS Markit, refresh rate mengacu pada berapa kali tampilan berkedip dalam sedetik. Walaupun mata manusia tidak dapat menangkapnya dengan mudah, namun layar biasanya berkedip 60 kali per detik.

Misalnya saja, layar smartphone dengan refresh rate 60Hz mengartikan bahwa gambar disegarkan sebanyak 60 kali per detik. Hal tersebut memang sulit ditangkap oleh mata manusia karena otak melihat sebuah gambar bergerak, bukan sebuah frame atau bingkai tunggal yang terus disegarkan gambarnya sebanyak 60 kali per detik.

Kecepatan refresh atau penyegaran yang lebih tinggi akan membuat lebih banyak gambar yang ditampilkan dalam jumlah waktu yang sama sehingga setiap gerakan di antara setiap frame tampak lebih halus.

Dengan kata lain, lebih banyak gambar yang disegarkan atau refresh berarti perubahan gambar akan diselesaikan lebih cepat sehingga membuat perangkat terasa lebih responsif karena dapat bereaksi lebih cepat terhadap perintah yang diberikan pada layar.

Sementara itu, frame rate juga berhubungan dengan refresh rate pada sebuah layar smartphone. Frame rate diukur dalam satuan frame-per-second atau biasa disingkat fps yang menunjukkan seberapa cepat prosesor grafis dapat memproses dan mengirimkan gambar individual ke layar.

Kini frame rate tinggi bisa menjadi daya tarik ketika memilih sebuah smartphone terutama dalam urusan game dan film. Biasanya film akan diputar pada 24fps, sedangkan video game biasanya akan dikunci menjadi 30fps atau 60fps.

OPPO Find X2 Display

Kecepatan refresh rate yang tinggi menjadi suatu hal yang penting untuk menunjang frame rate yang tinggi. Apabila keduanya tidak sejalan, maka konten yang ditampilkan di layar akan menghasilkan efek buruk yang biasa dikenal dengan istilah Screen Tearing.

Screen Tearing akan menyebabkan munculnya garis-garis horizontal yang memberikan kesan bagian layar terbagi dua. Untuk dapat menghasilkan visual yang bagus dan stabil, kecepatan refresh rate dan frame rate harus bersinergi dengan baik.

Contohnya sebuah video game yang berjalan dengan frame rate 120fps pada layar 120Hz akan terlihat lebih halus dibandingkan game yang sama berjalan dengan 60fps pada layar 60Hz.

Tidak hanya refresh rate 120Hz, layar yang dibawa oleh Find X2 juga akan mempunyai teknologi HDR (High Dynamic Range). Hadirnya teknologi ini memungkinkan layar dapat memproduksi lebih banyak warna sehingga terlihat lebih nyata.

HDR sendiri mempunyai tiga faktor kunci yang terdiri dari tingkat kecerahan, warna, dan konten. Faktor-faktor tersebut dapat memberikan sebuah pengalaman baru pada sisi visualisasi yang terlihat lebih menarik terutama pada saat menikmati konten film dan game.

Chipset Snapdragon 865 mempunyai dukungan terhadap warna 10-bit sehingga memungkinkan layar OPPO Find X2 dibekali dengan sistem HDR10. Sekilas, HDR10 merupakan format yang meningkatkan kedalaman warna format media menjadi 10-bit RGB untuk konten HDR, lebih tinggi dibandingkan 8-bit dalam standar televisi.

OPPO Find X2 pastinya akan menjadi salah satu smartphone flagship yang canggih di tahun 2020 karena mempunyai layar dengan kombinasi resolusi 2K, refresh rate 120Hz, dan teknologi HDR10 yang dapat memanjakan mata penggunanya.

Tinggalkan Komentar