Berita Smartphone

Jembatani Helio G70 dan G90, MediaTek Luncurkan Helio G80

MediaTek Luncurkan Helio G80 Header

Gadgetren – Guna memenuhi kebutuhan smartphone gaming di semua tingkatan, manufaktur kenamaan MediaTek kembali menyegarkan lini selulernya dengan sebuah SoC baru bernama MediaTek Helio G80.

SoC baru ini secara garis besar dikembangkan untuk menjembatani antara MediaTek Helio G90 yang diluncurkan pada bulan Juli 2019 dan MediaTek Helio G70 yang diluncurkan bulan Januari 2020 kemarin.

Meskipun hadir di antara keduanya, tetapi SoC ini sebenarnya dibangun memakai spesifikasi yang cukup identik dengan Helio G70. Hanya saja untuk memberikan kinerja yang lebih baik, MediaTek meningkatkan sedikit kemampuannya.

Helio G80 dalam hal ini masih menggabungkan dua buah ARM Cortex-A75 dan enam buah ARM Cortex-A55. Namun kecepatan Cortex-A55 yang dimilikinya telah ditingkatkan dari yang semula hanya berkecepatan 1,7 GHz menjadi 1,8 GHz.

Peningkatan lainnya, Helio G80 juga mendorong kecepatan maksimal ARM Mali-G52 MC2 dari yang sebelumnya hanya memiliki clock speed 850 MHz di Helio G70 menjadi 950 MHz.

Seperti yang dilaporkan oleh XDA Developers, SoC ini tak menjanjikan peningkatan apapun lagi selain kedua hal di atas. Hampir semua dukungan yang dimiliki oleh Helio G70 kembali MediaTek bawa ke dalam SoC gaming baru ini.

Helio G80 bahkan masih membawa dukungan untuk memori yang sama dengan Helio G70, yakni LPDDR3 hingga 4 GB atau LPDDR4X hingga 8 GB dan tipe penyimpanan eMMC 5.1.

Di sektor kamera, ISP yang dipakai oleh Helio G70 juga masih dipercaya untuk melengkapi Helio G80. Dengan begitu, Helio G80 pun juga menawarkan dukungan kamera tunggal 25 MP atau kamera ganda 16 MP + 16 MP.

Kabar baiknya, MediaTek menyebutkan bahwa ISP yang digunakan Helio G80 ini sudah mendukung pengenalan objek di Google Lens, Smart Photo Album hingga pengenalan wajah, meskipun tidak memiliki akselerator AI seperti Helio G90.

Persamaan lainnya, Helio G80 juga membawa dukungan lain seperti layar FHD+ dengan refresh rate 60 Hz, modem Cat.7 dengan Carrier Aggregation ganda dan Bluetooth 5.0.

SoC gaming ini pun sudah mendukung teknologi MediaTek HyperEngine, Voice on Wakeup (VoW), EIS (Electronic Image Stabilization), Rolling Shutter Compensation dan mesin navigasi inersia.

Dengan perpaduan tersebut, Helio G80 secara teknis disebut-sebut akan setara dengan Qualcomm Snapdragon 710 dan tampaknya akan mulai disebarkan mulai akhir bulan Februari 2020 ini.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar