ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Lebih Terjangkau! MediaTek Luncurkan MediaTek Helio G70 Untuk Smartphone Gaming Murah

MediaTek Helio G70 Header

Gadgetren – Era smartphone gaming tampaknya masih akan terus berjalan hingga tahun 2020. Hal ini bisa dilihat dari manufaktur kenamaan MediaTek yang baru saja memperkenalkan SoC gaming, MediaTek Helio G70.

SoC gaming ini merupakan varian yang lebih terjangkau dari MediaTek Helio G90 dan G90T yang sudah meluncur sebelumnya. Helio G70 bakal menjadi alternatif yang cukup baik untuk smartphone gaming kelas menengah ke bawah.

Namun berbeda dari Helio G90 dan G90T, SoC ini menggunakan perpaduan antara dua buah ARM Cortex-A75 berkecepatan hingga 2 GHz dan enam buah ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,7 GHz.

Meskipun MediaTek tidak menyampaikan secara gamblang mengenai litografi yang digunakan, tetapi tampaknya SoC ini pun dikembangkan dengan fabrikasi yang sama dengan Helio G90 dan G90T, yakni 12 nm.

Dikabarkan oleh XDADeveloper, ARM Mali-G52 2EEMC2 pun turut digunakan oleh MediaTek guna menunjang kinerja gaming yang dimilikinya. GPU buatan ARM ini memiliki frekuensi maksimal hingga 820 MHz serta mampu menampilkan gambar hingga Full HD+ (2520 x 1080 piksel) dan video 2K di 30fps.

Selain GPU ini, kinerja Helio G70 juga diperkuat dengan Teknologi HyperEngine Game milik MediaTek yang bisa meningkatkan kinerja dan dukungan RAM LPDDR4x hingga 8 GB.

Sektor kamera pun tak dilupakan oleh MediaTek karena SoC ini menggunakan ISP yang mendukung penggunaan kamera ganda dengan resolusi hingga 16 MP + 16 MP dan kamera tunggal hingga 48 MP.

Sayangnya, Helio G70 tak hadir dengan dukungan jaringan 5G seperti Helio G90 dan G90T meski hadir di tahun 2020. Namun hal ini cukup wajar, mengingat dukungan tersebut masih eksklusif di lini MediaTek Dimensity.

Secara keseluruhan, Helio G70 tidak jauh berbeda dari Helio G90 dan G90T sehingga kemungkinan kemampuannya pun tidak akan terpaut jauh dari SoC menengah lain seperti keluarga Qualcomm Snapdragon 600 atau Snapdragon 710.

Berkaitan dengan kemampuan ini, ada baiknya kita tunggu saja smartphone yang bakal menggunakannya. Seperti yang dikabarkan sebelumnya, Xiaomi Redmi 9 kabarnya akan menjadi yang pertama menggunakannya.

[Sumber: XDADevelopers]

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar