Tips dan Trik

MIUI 11 Memiliki Fitur Voice Command, Bagaimana Cara Mengaktifkannya?

Cara Aktifkan Voice Command di MIUI 11 Header

Gadgetren – Berbekal sistem operasi Android yang digunakan sebagai dasarnya, antarmuka sistem MIUI 11 pun menunjang kemampuan voice command (perintah suara) yang dimiliki oleh Google Assistant.

Dengan asisten virtual berbasis kecerdasan buatan ini, pengguna perangkat Xiaomi pun dapat memberikan perintah ke smartphone tanpa perlu menyentuh tombol fisik smartphone atau tombol virtual yang muncul di layar.

Untuk mengaktifkan fitur voice command ini, pengguna bisa secara langsung mengaturnya dari halaman Settings > Google > Account Services > Search, Assistant & Voice > Google Assistant.

Dari halaman pengaturan yang muncul, geser ke bagian Assistant lalu pilih Phone pada bagian Assistant Device yang terletak paling bawah sendiri. Selanjutnya, pengguna hanya perlu mengaktifkan tombol geser yang terletak di samping opsi Google Assistant.

Setelah aktif, pengguna bisa menambahkan pengaturan tambahan untuk perintah suara Google di MIUI dengan memilih opsi Hey Google lalu kemudian mengikuti berbagai macam tahap yang diberikan.

Sebagai tambahan, pengguna selanjutnya bisa mengatur opsi Unlock with Voice Match supaya mereka bisa membuka asisten dengan voice command meskipun perangkat smartphone dalam kondisi layar terkunci.

Nah sayangnya, fitur Unlock with Voice Match ini justru dibatasi oleh beberapa versi dari antarmuka sistem MIUI sehingga sebagian pengguna tidak akan bisa menggunakan fitur ini di perangkatnya.

Untungnya, pengguna smartphone Xiaomi dijanjikan akan kembali didukung fitur Unlock with Voice Match secara mendasar di versi terbaru antarmuka MIUI 11 yang masih diimplementasikan secara bertahap hingga sekarang.

Hanya saja, pengguna jangan terburu-buru untuk mencarinya karena fitur ini masih berlaku secara terbatas pada perangkat smartphone Xiaomi yang dipasarkan di India sehingga belum bisa dicoba di banyak wilayah termasuk Indonesia.

Lalu apakah ada cara untuk mengakalinya? Sangat disayangkannya, saya sendiri belum bisa menemukan solusi atau alternatif lain untuk membuat fitur voice command dapat bekerja saat layar smartphone Xiaomi terkunci.

Saya hanya bisa menyarankan supaya pengguna smartphone Xiaomi sedikit bersabar dan menunggu pembaruan selanjutnya dari MIUI 11 di masa mendatang. Namun jika saya menemukan solusinya, maka tentu saya akan memperbarui artikel ini.

Berdasarkan banyak rumor yang beredar di dunia maya, fitur ini sekarang masih dalam tahap penyempurnaan sehingga belum diimplementasikan di banyak smartphone Xiaomi.

Tinggalkan Komentar