Berita

Nangkring di Posisi Ke-10, Huawei Mate 30 Pro Hanya Dapat Skor 60 di DxOMark Audio

DxOMark Audio HUAWEI Mate 30 Pro Header

Gadgetren – Situs benchmarking DxOMark baru saja meluncurkan hasil penilaiannya untuk Huawei Mate 30 Pro. Namun kali ini bukan terkait dengan kemampuan kameranya, melainkan terkait dengan kemampuan audio.

DxOMark mengungkapkan bahwa Huawei Mate 30 Pro nangkring di posisi kesepuluh dari daftar smartphone yang pernah diuji. Posisi ini berhasil ditempatinya dengan skor penilaian sebesar 60 poin.

Huawei Mate 30 Pro memang bukan smartphone khusus yang dirancang untuk memberikan pengalaman audio terbaik. Perlu dipahami bahwa perangkat ini hanya mengandalkan speaker tunggal yang disematkan di bagian bawah bodi.

Speaker tunggal ini sebenarnya sudah diperkuat dengan teknologi Acoustic Sound Display (teknologi audio di dalam layar). Hanya saja, teknologi ini tidak digunakan untuk pemutaran media sehingga tidak diperhitungkan ke dalam penilaian DxOMark.

Sementara itu Huawei Mate 30 Pro juga dibekali dengan sebuah mikrofon terdedikasi yang sudah mengusung teknologi noise cancellation aktif agar bisa memberikan suara yang lebih jernih kepada lawan bicara.

Berdasarkan keterangan yang diungkapkan oleh DxOMark yang dilaporkan oleh Gizchina, skor 60 poin yang diperoleh Huawei Mate 30 Pro di segi audio merupakan skor rata-rata. Secara lebih spesifik, Huawei Mate 30 Pro mendapatkan skor 57 poin untuk pemutaran suara dan 72 poin untuk perekaman.

Di segi pemutaran suara, Huawei Mate 30 Pro sebenarnya memiliki keunggulan kinerja pemutaran suara yang baik untuk smartphone mono secara keseluruhan. Smartphone ini memiliki reproduksi nada dan kekuatan suara yang masuk akal.

Sayangnya di segi yang sama, Huawei Mate 30 Pro juga memiliki beberapa kekurangan pada konfigurasi dan teknologi speaker yang digunakan. Smartphone ini memiliki volume minimal dan maksimal yang kecil, bidang dan keseimbangan suara yang buruk, serta kualitas volume maksimal yang perlu ditingkatkan.

Di segi perekaman, DxOMark menyebutkan bahwa Huawei Mate 30 Pro secara keseluruhan memiliki respon frekuensi dan volume perekaman yang dapat berjalan dengan sangat baik.

Smartphone ini memiliki efek nada, kenyaringan rekaman, bidang suara dan kecepatan yang sangat baik sebagai kelebihannya. Sementara untuk kekurangannya, smartphone ini tidak cocok untuk suara dengan frekuensi tinggi yang berlebihan.

Jika ada frekuensi tinggi yang berlebihan, maka keseimbangan nada akan terpengaruh. Teknologi noise cancellation yang digunakan bisa menyebabkan resonansi dan menghilangkan beberapa bagian suara.

Tinggalkan Komentar