Berita Gadget Smartphone

MediaTek Kenalkan Dimensity 800, Chipset Terjangkau Dengan Teknologi 5G

MediaTek Dimensity 800 Header

Gadgetren – Setelah memperkenalkan MediaTek Dimensity 800 secara singkat beberapa waktu yang lalu, kini MediaTek menjabarkan lebih jauh System-on-Chip (SoC) terbarunya tersebut pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020.

Kedatangan Dimensity 800 merupakan solusi baru di kelas menengah untuk smartphone yang membutuhkan koneksi internet generasi kelima (5G berkat rancangan dual-mode 5G dengan harga yang terjangkau.

Secara teknis, Dimensity 800 membawa dukungan 5G dengan agregasi operator ganda (2CC CA). Dengan begitu, SoC ini menjanjikan banyak keunggulan dari platform lain yang menawarkan pembawa tunggal (1CC) tanpa agregasi operator.

Di dalam klaimnya, SoC baru ini bisa memiliki 30 persen cakupan yang lebih luas, penyediaan jaringan 5G yang lebih mulus, dan kinerja hasil dengan rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan solusi lain.

Dimensity 800 juga membawa dukungan untuk multi-mode 2G/3G/4G dan Dynamic Spectrum Sharing (DSS). Ditambah lagi, SoC ini juga mendukung voice and data over 5G yang dibangun untuk jaringan global 5G sub-6GHz yang tersedia di Asia, Eropa dan Amerika Utara.

Yang cukup disayangkan adalah SoC ini belum mendukung kombinasi SIM ganda 5G + 5G. Meskipun begitu, SoC ini menjanjikan kecepatan unduhan hingga 3,5 Gbps dan kecepatan unggah hingga 1,25 Gbps.

Secara lebih lanjut, Dimensity 800 dibangun di atas konfigurasi big.LITTLE dengan fabrikasi 7 nm yang menggabungkan empat buah ARM Cortex-A76 dan empat buah ARM Cortex-A55 yang sama-sama berkecepatan maksimal hingga 2,0 GHz.

Kombinasi inti CPU tersebut digabungkan lagi dengan Mali-G57MP4 dan teknologi HyperEngine. SoC baru ini juga sudah menggunakan APU 3.0 yang menawarkan kinerja hingga 2,4 TOPS pada sistem kecerdasan buatan (AI).

Dengan menggunakan Dimensity 800, smartphone juga dapat mendukung layar beresolusi hingga Full HD+ dengan refresh rate hingga 90 Hz serta mendukung RAM LPDDR4X hingga 16 GB.

Mengutip laporan Gizmochina, MediaTek mengklaim bahwa Dimensity 800 juga menggunakan pengolah sinyal gambar (ISP) kelas flagship karena bisa mendukung kamera hingga sebanyak empat buah.

Perusahaan asal Taiwan tersebut juga menyebutkan bahwa Dimensity 800 mendukung penggunaan kamera beresolusi tinggi, seperti 64 MP untuk kamera tunggal atau 32 MP + 16 MP untuk kamera ganda.

Ditambah lagi, dukungan kamera Dimensity 800 pun dilengkapi dengan sistem kecerdasan buatan untuk mengatur fokus, exposure, dan white balance secara otomatis serta pengurangan noise, pengenalan wajah khusus, dan fitur HDR.

Untuk pertama kalinya, Dimensity 800 pun menjadi SoC yang mendukung kemampuan HDR video multi-frame beresolusi 4K berdasarkan keterangan dari pengembangnya.

Dengan melihat beberapa fakta di atas, cukup menarik menantikan berbagai macam smartphone yang akan menggunakan MediaTek Dimensity 800. Rencananya smartphone pertama dengan SoC ini bakal hadir setidaknya pada akhir pertengahan awal tahun 2020 ini.

Leave a Comment