Tips dan Trik

Cara Mendaftarkan Tempat di Google Maps Biar Bisnismu Mudah Ditemukan

Cara Mendaftarkan Tempat di Google Maps Header

Gadgetren – Penting sekali untuk mendaftarkan bisnis yang kita miliki ke dalam layanan Google Maps karena bisa mendatangkan pendapatan yang lebih baik dari sebelumnya.

Dengan mendaftarkan lokasi ke dalam layanan Google Maps, bisnis kamu akan lebih mudah untuk ditemukan sehingga kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru menjadi lebih besar.

Sebenarnya tidak ada persyaratan khusus yang ditetapkan untuk mendaftarkan tempat ke layanan Google Maps. Kamu bahkan bisa mendaftarkan suatu tempat dengan mudah di layanan Google Maps melalui aplikasi seluler, baik itu yang berbasis Android maupun iOS.

Kamu yang menggunakan smartphone berbasis Android bisa mendaftarkan tempat dengan membuka aplikasi Google Maps, lalu mengetuk menu di pojok kiri atas atau mengusap layar dari kiri ke kanan.

Geser menu ke bawah, kemudian pilih opsi Add a missing place (Tambahkan tempat). Kamu pun bisa menggunakan opsi Send feedback (Kirim masukan) lalu Missing Place (Tempat tidak ada).

Langkah selanjutnya, isi formulir pendaftaran tempat yang disediakan seperti nama tempat, memilih kategori yang sesuai, dan memastikan lokasi di dalam peta sudah benar.

Untuk tempat bisnis, kamu juga bisa menambahkan nomor telepon, jam operasional, foto, atau situs web dengan mengetuk opsi Add phone, hours, website, opening date, and photos di bagian bawah.

Setelah selesai, jangan lupa untuk mengetuk tombol Kirim di pojok kanan atas. Tombol ini digambarkan dengan ikon berbentuk pesawat kertas seperti ikon yang digunakan oleh layanan Telegram.

Cara Mendaftarkan Tempat di Google Maps

Sementara untuk pengguna perangkat berbasis iOS, kamu bisa mendaftarkan tempat bisnis dengan menekan lokasinya pada peta yang ditampilkan selama beberapa saat. Lakukan hal ini sampai muncul keterangan mengenai lokasi tersebut di bagian bawah.

Ketuk keterangan yang muncul tersebut, lalu pilih opsi Add a missing place (Tambahkan tempat yang belum ada). Selanjutnya, kamu bisa mengisi formulir yang ditampilkan seperti nama dan kategorinya. Tekan tombol kirim jika semua informasi dirasa sudah dimasukkan dengan benar.

Namun perlu saya tegaskan, pendaftaran tempat baru ini tidak akan langsung disetujui oleh Google. Mereka akan meninjaunya terlebih dahulu sehingga bisa saja ada perubahan yang akan dilakukan selanjutnya.

Google juga bisa saja mengirim email terkait hasilnya atau mengirim pertanyaan dari orang lain yang meninjau tempat yang kamu tambahkan.

Tinggalkan Komentar