Bengkel

Apakah YouTube Premium Memakan Kuota?

Apakah YouTube Premium Memakan Kuota Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Beberapa waktu lalu, Google telah membawa layanan premiumnya ke Indonesia. Mengusung nama YouTube Premium, layanan berbayar ini membawa beragam keuntungan bagi para pelanggannya.

Dengan membayar Rp 59.000 per bulan, pelanggan bisa mengakses YouTube tanpa gangguan iklan, menyimpan dan mengunduh video, memutar video di belakang layar, hingga menikmati layanan YouTube Music Premium.

Berbagai macam keuntungan ini tentu saja menggoda pengguna internet di Indonesia. Namun karena terbilang masih baru, banyak orang yang masih ragu-ragu untuk menggunakan layanan ini.

Bahkan, ada salah seorang pembaca yang secara langsung bertanya kepada tim Gadgetren karena hal ini. Untuk itulah, saya akan mencoba membahasnya pada artikel bengkel kali ini.

Pertanyaan:

Apakah YouTube Premium Memakan Kuota? 

Jawaban:

Terlepas dari berbagai macam keuntungan yang ditawarkannya, layanan YouTube Premium sebenarnya sama seperti layanan YouTube biasa. Oleh karena itu, pelanggan pun masih memerlukan biaya tambahan untuk berlangganan paket internet untuk menikmatinya.

Besarnya kuota yang dibutuhkan untuk mengaksesnya pun secara teori akan sama dengan jumlah kuota yang dibutuhkan pada YouTube biasa mengikuti kualitas, durasi, dan aspek lain dari video yang ditonton.

Walaupun begitu, menurut pandangan saya pelanggan YouTube Premium bisa menikmati video dengan kuota yang lebih sedikit. Hal ini dikarenakan pelanggan tidak perlu lagi menonton video iklan saat menikmati video tersebut.

Sebagai tambahan informasi, video iklan memang berdurasi sangat sebentar. Namun karena juga harus diunduh dari server, video tersebut juga akan memakan kuota internet meskipun hanya sedikit.

Pelanggan untungnya akan sedikit tertolong dengan adanya sistem cache yang akan menyimpan iklan yang sudah dilihat untuk sementara waktu sehingga pelanggan dapat menikmati iklan yang sama dengan kuota yang lebih sedikit.

Pelanggan YouTube Premium juga bisa lebih hemat kuota karena ada fitur yang bisa digunakan untuk mengunduh video agar bisa tetap dilihat secara offline. Bedanya, kali ini pelanggan jga bisa mengunduh video-video yang sebelumnya tidak bisa disimpan di layanan YouTube biasa.

Dengan adanya kemampuan untuk mengunduh video ini mengartikan bahwa pelanggan bisa menonton video kesayangannya secara berulang-ulang tanpa memerlukan kuota internet sekalipun.

Nah bagi kamu yang penasaran dengan jumlah kuota internet yang kamu butuhkan untuk menonton video YouTube, artikel dari KompasTekno berikut ini semoga bisa sedikit membantumu jika merasa kuota internet cepat habis.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Tinggalkan Komentar