Tips dan Trik

Cara Masuk Ke BIOS Laptop ASUS Untuk Melakukan Konfigurasi Sebelum Booting

Cara Masuk Ke BIOS Laptop ASUS Header

Gadgetren – Ada beberapa alasan kenapa kamu harus memasuki BIOS dari laptop ASUS untuk melakukan konfigurasi terhadap sistem maupun hardware agar dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Sekilas, BIOS (Basic Input Output System) merupakan sebuah firmware atau software yang digunakan untuk mengatur fungsi dasar dari hardware sebuah komputer, baik laptop maupun PC.

Berbeda dengan sistem operasi yang berada di penyimpanan seperti HDD atau SSD, BIOS ini tersimpan di ROM sebuah CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) yang tersemat pada motherboard.

Hadirnya BIOS memungkinkan instruksi POST (Power On Self Test) dapat dilaksanakan untuk mengidentifikasi dan mengonfigurasikan setiap komponen dari sistem mulai dari kartu VGA, RAM, prosesor, keyboard, mouse, SSD, HDD, CD/DVD Drive, hingga perangkat keras lainnya pada saat proses booting.

Maka dari itu fungsi BIOS terbilang sangat penting bagi sebuah perangkat komputer. Jika kamu memiliki masalah yang mengakibatkan laptop ASUS tidak bisa menyala atau booting, maka mengubah beberapa hal di BIOS bisa menjadi solusinya.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin masuk ke BIOS dari laptop ASUS maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Masuk Ke BIOS Laptop ASUS

  1. Pertama, kamu dapat menyalakan laptop ASUS
  2. Langsung tekan tombol F2 pada keyboard sebelum sistem operasi berjalan
  3. Jika berhasil, kamu akan langsung masuk ke BIOS
  4. Pada halaman utama, ada beragam menu yang disuguhkan untuk mengonfigurasikan sistem dan hardware
  5. Setelah selesai mengatur yang kamu inginkan, maka kamu dapat keluar dengan menu Save & Exit Setup
  6. Selanjutnya, laptop ASUS akan melakukan booting sistem operasi seperti biasa (apabila sudah terinstal)

Biasanya kamu tidak perlu melakukan konfigurasi BIOS dari laptop ASUS secara manual karena setelan pabrik sudah berada dalam kondisi siap pakai sehingga metode ini biasanya digunakan ketika kamu menemui masalah saja.

Dikarenakan BIOS bersifar sangat penting, kamu juga bisa memberikan password atau kata sandi agar pengaturan BIOS yang ada tidak dapat diubah oleh sembarangan orang.

Secara garis besar, pengaturan hardware pada BIOS memang cukup vital sehingga kamu harus berhati-hati mengubah setiap hal yang ada di dalamnya. Apalagi kalau kamu berencana untuk melakukan overclock untuk meningkatkan performa dari komponen yang ada.

Apabila salah melakukan overclock, maka tidak menutup kemungkinkan laptop ASUS justru akan mengalami kerusakan. Walaupun begitu, tidak semua versi BIOS mengizinkan kamu untuk mengatur hal-hal penting seperti itu untuk menghindari kesalahan yang diakibatkan oleh pengguna.

Jadi selalu hati-hati jika kamu berurusan dengan BIOS dan jangan mengubah sesuatu yang kamu tidak mengerti. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar