Tips dan Trik

Gboard Di Perangkat Xiaomi Error Setelah Update, Ini Beberapa Solusi yang Bisa Dicoba

Gboard Xiaomi Error Header

Gadgetren – Melalui pembaruan terakhirnya, Google Keyboard (Gboard) membawa sedikit permasalahan pada beberapa jenis ponsel. Salah satu yang termasuk di antaranya adalah ponsel-ponsel buatan Xiaomi.

Pada beberapa jenis ponsel Xiaomi, aplikasi keyboard virtual ini mengalami crash dan tidak bisa dibuka. Bahkan ada beberapa pengguna yang melaporkan kalau perangkat mereka terkunci sehingga tidak bisa digunakan.

Untungnya, ada solusi praktis yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini sementara waktu. Solusi ini sayangnya hanya berlaku untuk perangkat yang belum terkunci akibat Gboard error.

Kamu yang mengalami hal serupa bisa coba membersihkan data dan cache dari aplikasi keyboard buatan Google ini. Kamu tinggal masuk ke Settings > Apps lalu selanjutnya cari dan pilih aplikasi Gboard.

Di dalam halaman yang muncul selanjutnya (App Info), tekan tombol Clear Cache dan Clear Data. Tunggu beberapa saat setelah menekan salah satu tombol agar proses benar-benar selesai sebelum menekan tombol yang lainnya.

Selain menggunakan cara ini, kamu juga bisa mengganti opsi keyboard di perangkat Xiaomi dengan menggunakan keyboard lain seperti SwiftKey. Jika belum terpasang, kamu bisa mengunduh terlebih dahulu salah satu keyboard pengganti yang tersedia di Google Play Store.

Untuk menggantinya, kamu bisa membuka halaman Settings > Additional settingsLanguage & input > Current Keyboard dan pilih keyboard yang ingin kamu gunakan.

Sementara untuk perangkat yang sudah terkunci, menghubungkan keyboard fisik atau reset pabrik bisa menjadi dua alternatif cepat yang sementara ini bisa digunakan. Selain itu, kamu mungkin juga bisa coba memasang keyboard lain secara remote.

Caranya, buka Google Play Store melalui komputer dan masuk menggunakan akun yang sama dengan akun terhubung di perangkat Xiaomi yang terkunci. Selanjutnya cari aplikasi Gboard lalu tekan tombol Install. Jika opsi pemasangan tidak muncul, kamu bisa coba Reboot perangkat terlebih dahulu.

Beberapa cara di atas bisa dikatakan hanya sebagai solusi sementara saja hingga Google memberikan pembaruan untuk mengatasi hal ini secara langsung. Bagi kamu yang belum memasang versi terbaru Gboard, ada baiknya untuk menunda update terlebih dahulu.

Namun terlepas dari permasalahan ini, Gboard adalah salah satu keyboard favorit saya karena menawarkan berbagai macam fitur penting seperti fitur Voice Typing yang bisa digunakan untuk menulis dengan suara. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk tetap menunggu update selanjutnya.

Tinggalkan Komentar