Tips dan Trik

Bosen Atau Gak Cocok? Begini Lho Cara Ganti Keyboard di Semua Tipe Perangkat Xiaomi

Cara Ganti Keyboard Xiaomi Header

Gadgetren – Keyboard bawaan dari suatu ponsel kadang memang tidak seenak keyboard favorit masing-masing orang. Tentu saja, hal ini juga berlaku bagi kamu yang baru saja membeli perangkat Xiaomi.

Secara mendasar, hampir semua perangkat Xiaomi yang resmi di Indonesia dilengkapi dengan aplikasi keyboard bawaan, di mana kalau tidak Google Keyboard (GBoard), SwiftKey, ya keduanya.

Bagi saya pribadi, dua aplikasi keyboard ini sebenarnya merupakan aplikasi favorit. Hal ini karena keduanya telah menawarkan fitur yang cukup lengkap dan didukung perusahaan ternama, yang cukup rajin menghadirkan dukungan berupa pembaruan.

Secara lebih detail, saya suka GBoard karena aplikasi ini dikembangkan oleh Google dan telah memiliki fitur Voice Typing. Sementara dari SwiftKey yang dikembangkan di bawah Microsoft, saya suka fitur swipe to type, dukungan bahasa, dan kustomisasinya.

Namun meski demikian, pasti banyak juga pengguna yang tidak cocok dengan salah satu atau bahkan keduanya. Dan untuk menggantinya, di perangkat Xiaomi, bisa dilakukan dengan menggunakan cara berikut ini.

Cara Ganti Keyboard di Semua Tipe Perangkat Xiaomi

  1. Unduh dan pasang aplikasi keyboard favoritmu jika aplikasi tersebut bukan GBoard atau SwiftKey.
  2. Selanjutnya, jika sudah terpasang buka Settings.
  3. Gulir ke bawah dan pilih Additional settings.
  4. Masuk ke menu Language & input.
  5. Ketuk pada opsi Current Keyboard dan pilih keyboard favoritmu.

Sebagai tambahan informasi, jika kamu belum punya keyboard favorit, kamu bisa mencoba beberapa keyboard Android terbaik versi Androidcentral, yang mana termasuk di antaranya adalah Chrooma dan Fleksy.

Chrooma punya kelebihan di tampilannya yang bisa mengikuti warna dasar dari aplikasi lain yang menggunakannya. Misalnya, warnanya akan berubah menjadi hijau saat digunakan di Spotify, berubah biru saat di Twitter, kuning saat di Google Keep, dan lainnya.

Sementara Fleksy punya kelebihan di berbagai macam fitur tambahan yang ada di dalamnya. Beberapa di antaranya termasuk saran emoji, animasi kembang api saat mengetik, hingga dukungan suara ketukan.

Terlepas dari itu, bagi kamu pengguna ROM China, kamu pun akan menjumpai keyboard bawaan yang berbeda di dalamnya. Hal ini karena secara khusus, di regional China, Xiaomi menggunakan Sugou Keyboard.

Tinggalkan Komentar