Tips dan Trik

Cara Menghapus Dan Menyembunyikan Tag di Instagram Buat Kamu yang Merasa Terganggu

Cara Menghapus Tag di Instagram Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Ditandai oleh akun lain yang tidak dikenal di Instagram kadang memang sangat menyebalkan. Saya sendiri pastinya langsung menghapusnya agar konten tersebut tidak tampil di halaman profil.

Fitur tag memang bisa digunakan untuk menandai orang-orang yang berhubungan dengan konten yang kita unggah dan bisa menjadi sarana untuk menunjukkan siapa saja yang ada di foto atau video tersebut maupun juga sebagai sarana untuk menjalin komunikasi dengan orang yang kita maksud.

Namun sayangnya, fitur asyik ini kadang dinodai oleh tingkah laku pengguna Instagram yang mengambil keuntungan lain dari hal tersebut. Sering sekali sebagian pengguna di-tag oleh akun yang tidak dikenal sebagai dalih untuk promosi dan tujuan lainnya.

Untungnya, Facebook selaku pengembang di balik media sosial ini pun menyertakan fitur hapus tag atau fitur untuk menyembunyikannya. Tentu saja keduanya bisa digunakan untuk menghilangkan konten yang menandai kita dari halaman profil.

Fitur hapus tag bisa digunakan oleh pengguna dengan cara membuka foto atau video yang menandai kita. Selanjutnya ketuk pada bagian username (nama pengguna) kita yang tampil saat konten diketuk.

Nantinya akan muncul beberapa opsi yang bisa dipilih termasuk Remove me from post, Hide from profile (Android) atau Hide from My Profile (iOS), dan Learn more. Untuk menghapus akun, kamu bisa memilih opsi Remove me from post lalu Yes, I’m Sure (Android) atau Remove (iOS).

Cara Menghapus Tag di Instagram 1

Untuk menyembunyikannya dari halaman profil, kamu bisa memilih Hide from profile (Android) atau Hide from My Profile (iOS) dari opsi yang muncul. Jika ingin menyembunyikannya secara kolektif dari banyak konten, maka kamu bisa melakukannya melalui Settings.

Ketuk ikon Menu di pojok kanan atas dari halaman profil, lalu pilih Settings. Selanjutnya pilih opsi Privacy > Tag > Hide photos and videos (Android) atau Hide photos and videos of you (iOS).

Cara Menghapus Tag di Instagram 2

Pilih semua foto atau video yang ingin disembunyikan dan tekan ikon mata dicoret (Android) atau Hide (iOS) untuk konfimasi. Secara otomatis konten-konten tersebut akan disembunyikan dari halaman profil.

Kamu tentu bisa memilih salah satu dari kedua cara di atas sesuai dengan kebutuhan. Fitur hapus akan membuat tag username kamu benar-benar hilang sedangkan jika memilih hanya menyembunyikan akan membuat tag masih ada, namun konten tidak akan ditampilkan di profil.

Tinggalkan Komentar