Smartphone Tekno

Kelebihan dan Kekurangan Infinix S5 – Ponsel Murah yang Tak Kalah Mewah?

Kelebihan dan Kekurangan Infinix S5 Header

Gadgetren – Agar bisa bersaing dengan para kompetitornya, Infinix S5 hadir dengan beberapa kelebihan dan kekurangan di dalamnya. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah ponsel ini layak untuk dipertimbangkan?

Infinix S5 merupakan penerus dari Infinix S4 yang diluncurkan pada bulan Juli 2019 kemarin. Perangkat ini membawa beberapa peningkatan menarik, khususnya di sektor desain yang kini semakin menggoda.

Di Indonesia sendiri perangkat ini dijual seharga Rp 1.999.000 melalui layanan e-commerce Lazada. Artinya, perangkat ini harus bersaing dengan beberapa smartphone baru lain yang juga tidak kalah terjangkaunya.

Agar bisa memperoleh kue pasar smartphone, pastinya ada kelebihan dan kekurangan yang harus Infinix berikan pada perangkat ini. Berikut kelebihan dan kekurangan dari perangkat baru besutan Infinix tersebut.

Kelebihan Infinix S5

Infinix S5 hadir dengan desain yang terlihat menawan. Walaupun demikian, saya tidak akan membahasnya secara detail karena ini terkait dengan selera. Untuk itu, saya akan lebih menyoroti ukuran layarnya yang super luas untuk smartphone sekarang ini.

Infinix S5 membawa ukuran layar yang lebih besar dengan bentang mencapai 6,5 inci. Yang cukup menarik, layar IPS ini sudah tidak menggunakan poni lagi karena menggunakan desain layar kekinian yang mengingatkan saya kepada desain Infinity-O Display milik Samsung Galaxy S10e .

Desain tersebut tentu saja membuat layarnya terasa semakin luas karena hanya memiliki satu lubang kecil di pojok kiri atas, alih-alih menggunakan poni yang memotong layar lebih besar.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix S5 Layar

Di lubang layar tersebut, Infinix S5 juga membenamkan kamera depan dengan resolusi 32 MP yang tergolong sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan smartphone di rentang harga yang sama.

Infinix S5 juga sudah mengikuti tren kamera smartphone masa kini karena sudah menggunakan kamera belakang yang berjejer dengan susunan lensa utama 16 MP, lensa ultra-wide 5 MP, lensa kedalaman 2 MP, dan lensa yang disebut lensa AI.

Meskipun konfigurasinya terlihat tidak wah, tetapi hadirnya lensa AI menjadi pembeda dari smartphone pada umumnya. Lensa ini bakal memberikan kemampuan tambahan untuk mengambil gambar dengan lebih baik di kondisi kurang cahaya.

Kekurangan Infinix S5

Menurut saya, kekurangan utama smartphone ini hanya terletak di bagian mesin yang digunakannya. Terlepas dari RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB yang termasuk cukup besar, perangkat ini masih menggunakan SoC MediaTek Helio P22.

SoC ini memang bukan SoC yang buruk, namun sudah cukup tertinggal jika dibandingkan dengan perangkat sekelasnya yang sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon 665.

Sebagai bahan pertimbangan, Helio P22 ini bahkan kalah di banyak sektor dibandingkan Qualcomm Snapdragon 660 yang padahal juga sudah kalah saing dari Snapdragon 665.

Selain itu, resolusi layarnya yang masih HD+ menjadi keterbatasan lain yang mungkin sedikit mengganggu. Dengan layar berukuran super luas, resolusi yang sangat kecil ini akan berpengaruh pada kualitas gambar yang ditampilankan.

Infinix S5 pastinya akan menampilkan gambar yang kalah tajam jika dibandingkan dengan perangkat yang memiliki resolusi lebih tinggi. Hal ini akan membuat penggunanya sedikit tidak nyaman, khususnya bagi yang sebelumnya telah menggunakan perangkat Full HD atau yang lebih tinggi.

Meskipun demikian, resolusinya yang rendah tersebut akan sedikit membawa keuntungan karena baterai yang digunakan Infinix S5 terbilang cukup standar karena hanya berkapasitas 4.000mAh.

Tinggalkan Komentar