Berita

Realme Geser Xiaomi di Posisi Keempat Merek Ponsel Teratas Indonesia

realme 5 Pro vs realme XT Header

Sebagai merek ponsel yang bisa dibilang masih sangat muda, realme telah menunjukkan taringnya dan berhasil meraih posisi keempat dalam Top 5 Smartphone Brand di laporan Quarterly Mobile Phone Tracker Q3-2019 yang dirilis oleh IDC.

Pada umurnya yang baru satu tahun lebih sedikit sejak pertama kali masuk Indonesia, realme telah menggeser Xiaomi yang kini berada di posisi kelima dan mengekor Samsung yang berada di posisi ketiga.

Sebagai catatan, berdasarkan data IDC tahun ini pada kuartal ketiga realme meraih pangsa pasar 12,6%, pada kuartal kedua meraih pangsa pasar 6,1% serta menempati posisi kelima Top 5 Smartphone Brand, dan pada kuartal pertama meraih pangsa pasar 1,4%.

IDC Indonesia Top 5 Smartphone Companies Q3 2019

Melihat data tersebut, realme berhasil meraih pertumbuhan sebesar 900% jika dibandingkan pangsa pasar di kuartal pertama dengan kuartal ketiga tahun ini.

Satu hal yang perlu dicatat adalah data ini berdasarkan angka pengapalan ponsel dan hanya untuk kuartal ketiga di tahun 2019. Namun begitu pertumbuhan realme ini bisa dibilang tergolong cepat dan signifikan.

Lalu ponsel realme manakah yang menyumbang penjualan terbesar realme dan mendorong realme ke posisi keempat?

Berdasarkan keterangan dari Tiyuk Grahayu selaku Public Relations dari realme Indonesia, realme C2 dan realme 3 yang mana harganya berada di rentang harga 1-2 jutaan lah yang menjadi penyumbang terbesar penjualan realme di Indonesia.

Ditambah lagi dengan ketersediaan produk yang memadai dan harganya yang kompetitif juga membantu realme dalam mencapai posisi tersebut.

Tiyuk menambahkan bahwa realme saat ini kuat di kota-kota besar di Indonesia dan penjualan offline-nya lebih besar dibandingkan penjualan online.

Dengan posisinya yang semakin meningkat di Indonesia, realme mengabarkan akan menjalankan strategi baru yaitu Leap to Premium. Belum diberitahukan detail seperti apa strateginya namun melihat dari namanya sepertinya ini mengindikasikan bahwa realme akan segera merilis ponsel kelas premium mereka di Indonesia.

Jika realme benar-benar akan merilis ponsel premium mereka di Indonesia, ini akan menjadi amunisi realme dalam menghadapi ketiga merek ponsel teratas lainnya yaitu Samsung, vivo, dan OPPO.

Tinggalkan Komentar