Berita

Inilah 5 Raja Merek Smartphone di Indonesia Saat Ini. Apakah Xiaomi Masuk?

Xiaomi Jason Leak Header

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang menjadi incaran dari vendor smartphone dari berbagai negara.

Kita ketahui bersama bahwa Indonesia memiliki penduduk terbanyak keempat di dunia sehingga jumlah pengguna smartphone pun sangat banyak di negara ini. Menariknya, baru-baru ini perusahaan analisis IDC telah merilis laporan mengenai 5 perusahaan smartphone teratas di Indonesia pada Q3 2017.

Dalam laporan tersebut, IDC juga merilis grafik berbentuk pie yang memperlihatkan bahwa Samsung masih menjadi raja perusahaan smartphone di Indonesia pada Q3 2017 dengan perolehan market share yang mencapai 30%.

Bisa dibilang dengan pemasaran yang sangat gencar, baik secara online, offline, maupun televisi dapat membuat Samsung masih mampu mempertahankan posisi puncak. Sementara itu, OPPO dari tahun ke tahun semakin memantapkan dirinya di bawah Samsung.

IDC 5 smartphone q3 2017[Sumber : IDC]

Hal ini terlihat dengan berhasilnya OPPO menduduki peringkat kedua pada Q3 2017 di Indonesia dengan perolehan 25,5%. Tentu saja perbedaannya di Q3 2017 ini semakin mengecil antara OPPO dan Samsung yang hanya 4,5%.

Sementara itu, masyarakat Indonesia patut bangga terhadap Advan karena mampu menduduki peringkat ketiga di negaranya sendiri dengan perolehan 8,3% pada Q3 2017. Bisa dibilang Advan terkenal dengan smartphone yang memiliki harga murah sehingga dapat memikat banyak calon pembelinya.

Selanjutnya, Vivo yang baru saja meluncurkan V7+ dengan menggaet 9 stasiun TV pun mengalami peningkatan penjualan di Indonesia dengan berhasilnya memperoleh market share 7,5% sehingga membuatnya berada di posisi keempat.

Terakhir, Xiaomi yang memiliki Mi Fans (penggemar) dan komunitas loyal berhasil menduduki posisi kelima dengan perolehan market share 6,2% pada Q3 2017. Hal ini menarik karena Xiaomi sendiri baru berhasil memenuhi TKDN 30% di Indonesia pada tahun 2017 ini.

Sepertinya apabila smartphone Xiaomi yang dijual tidak resmi di Indonesia dihitung, kemungkinan besar Xiaomi mampu menduduki posisi ketiga. Namun sekali lagi, IDC hanya mengambil data dari penjualan smartphone Xiaomi yang dijual resmi di Indonesia.

Sayangnya ASUS harus secara resmi tersingkir dari 5 besar vendor smartphone di Indonesia dan masuk ke dalam kategori Other bersama LG, Motorola, Evercoss, Mito, Coolpad, Lenovo, dan masih banyak lagi. Nah, kira-kira smartphone Gadgeter merek apa ya?

[Sumber : IDC]

Leave a Comment