Tips dan Trik

Cara Private Number di HP OPPO Agar Nomor Tidak Terlihat Saat Menelepon

OPPO Reno2 F Layar

Gadgetren – OPPO merupakan salah satu perusahaan smartphone asal Tiongkok yang berhasil melakukan penjualannya hingga ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Bisa dibilang salah satu yang menjadi daya tarik bagi smartphone OPPO terdapat pada fitur-fitur menarik yang terdapat di dalamnya. Smartphone besutan OPPO ini memiliki fitur yang jarang diketahui orang, yakni Private Number.

Sekilas, Private Number ini merupakan fitur yang memungkinkan pengguna smartphone OPPO dapat melakukan panggilan terhadap orang lain dengan nomor yang disembunyikan. Dengan kata lain, nomor si penelepon tidak akan diketahui oleh si penerima.

Setiap orang pastinya memiliki alasan tersendiri untuk menelepon orang dengan menggunakan fitur Private Number. Untuk itu, bagi kamu yang penasaran bagaimana cara mengaktifkan fitur Private Number di HP OPPO maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Private Number di HP OPPO

  1. Pertama, kamu dapat membuka aplikasi Phone atau Telepon di halaman home screen dari HP OPPO
  2. Setelah aplikasi terbuka, maka kamu dapat langsung memilih menu berikon tiga titik di kanan atas
  3. Selanjutnya, kamu dapat memilih menu Settings
  4. Pada halaman tersebut, kamu dapat memilih menu Carrier Call Settings
  5. Kemudian kamu dapat memilih menu Additional Settings
  6. Pilih nomor dari provider yang akan disembunyikan nomornya
  7. Nantinya pada halaman provider, kamu dapat memilih menu My Number
  8. Setelah kotak dialog My Number muncul, maka kamu dapat memilih Hide Number
  9. Setelah fitur aktif, maka nomor telepon kamu secara otomatis akan disembunyikan
  10. Selanjutnya, kamu dapat menelepon seseorang untuk menguji perubahan yang terjadi setelah fitur Hide Number diaktifkan

Private Number OPPO

Apabila fitur ini telah aktif, maka penerima panggilan tidak akan dapat melihat nomor kontak dari penelepon, dalam hal ini kamu. Sementara itu, apabila kamu ingin mengembalikannya ke pengaturan awal maka kamu dapat mengikuti langkah seperti di atas hingga menemukan kotak dialog My Number dan memilih Show Number atau Network Default.

Sebenarnya beberapa tahun lalu, provider di Indonesia pernah mengaktifkan fitur Private Number dengan menambahkan kode saja pada nomor yang ditelepon. Namun sepertinya banyak disalahgunakan orang untuk berbuat keisengan sehingga fitur ini ditiadakan.

Dengan kata lain, untuk saat ini hanya smartphone tertentu saja yang memiliki fitur untuk mengaktifkan Private Number atau penyembunyian nomor telepon. Hampir semua smartphone OPPO sudah memiliki fitur yang satu ini.

Menurut kalian, apakah fitur Private Number ini berguna? Selain itu, smartphone merek mana sajakah yang sudah mengusung fitur yang satu ini?

Tinggalkan Komentar

1 Komentar