ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Mengetahui Tipe dan Serial Number MacBook Buat Cek Spesifikasi atau Garansi

Cara Mengetahui Tipe dan Serial Number MacBook - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Meskipun sangat jarang, kita kadang-kadang memang tetap perlu mempelajari bagaimana cara mengetahui tipe dan serial number dari perangkat MacBook yang kita miliki.

Tipe dan serial number soalnya dapat digunakan untuk mengidentifikasi perangkat secara lebih jauh. Kita misalnya bisa memakai informasi tersebut untuk mengecek spesifikasi teknis yang diusung MacBook.

Dengan mengetahui tipe dan serial number, kita juga bisa lebih mudah saat perlu memeriksa perlindungan garansi untuk perangkat. Kita di samping itu juga dapat memakainya untuk membuat laporan ke pihak berwajib saat terjadi kehilangan.

Serial number sendiri secara khusus biasanya akan memuat berbagai macam informasi. Termasuk di dalamnya meliputi detail pembelian, pembuatan, atau konfigurasi sistem dari perangkat MacBook terkait.

Melihat tipe dan serial number MacBook untungnya bukan hal yang relatif sulit. Kita bahkan bisa melakukannya langsung lewat perangkat itu sendiri baik pada halaman About This Mac maupun label khusus pada bagian bodi.

Cara Mengetahui Tipe dan Serial Number MacBook

Lewat Halaman About This Mac

  1. Ketuk Apple Menu (ikon apel) di pojok kiri atas
  2. Pilih About This Mac
  3. Pastikan masuk ke tab Overview

Pada halaman About This Mac, kita nantinya dapat menemukan tipe dan serial number MacBook lengkap dengan berbagai macam informasi mengenai perangkat seperti versi sistem operasi, prosesor, memori, maupun kartu grafis.

Pengecekan tipe dan serial number ini menjadi yang paling praktis tetapi hanya berlaku saat perangkat masih bisa dihidupkan dan dioperasikan dengan normal. Jika MacBook dalam kondisi rusak dan mati maka bisa mengecek label di bagian bodi.

Lewat Label

Apple biasanya menyematkan label khusus di bodi MacBook. Kita bisa menemukannya di bagian bawah atau sisi lain panel keyboard dengan membalik perangkat. Umumnya terletak sangat dekat dengan engsel.

Di dalam label khusus ini, kita juga bisa menemukan serial number perangkat. Sementara untuk tipe MacBook perlu mengeceknya secara manual lewat halaman https://checkcoverage.apple.com/ menggunakan deretan nomor tersebut.

Lewat Kotak Kemasan

Informasi mengenai serial number MacBook juga bisa kita temukan pada kotak kemasan. Jadi kita masih bisa mengeceknya walaupun perangkat hilang, tidak bisa dinyalakan, atau label bodinya terhapus.

Biasanya akan tercetak di dekat barcode atau kode batang pada label kemasan diikuti informasi mengenai Apple part number yang bisa dipakai untuk mencocokkan tipe MacBook dengan daftar perangkat di halaman berikut.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar