Sponsored Content

Nyamannya Multitasking di OPPO A9 2020 Berkat RAM 8GB

OPPO A9 2020 Belakang

Gadgetren – Setelah diluncurkan secara resmi di Indonesia, kini nama OPPO A9 2020 semakin populer di Indonesia karena hadir dengan spesifikasi hardware menarik dan harga terjangkau.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari OPPO A9 2020 ini terdapat pada kapasitas RAM besar yang mencapai 8GB. Hingga saat ini dapat dikatakan masih sedikit smartphone yang mempunyai kapasitas RAM sebesar OPPO A9 2020 di kisaran harga Rp 3 jutaan.

Bagi kamu yang belum tahu, RAM atau Random Access Memory merupakan suatu memori yang menjadi tempat menyimpan data sementara ketika smartphone berjalan agar dapat diakses secara cepat.

Dengan kata lain, besarnya kapasitas RAM di dalam sebuah smartphone akan berpengaruh pada tingkat kecepatan proses memuat data di smartphone tersebut. RAM ini sendiri hanya menyimpan data dalam waktu yang pendek sehingga akan tergantikan dengan data yang baru secara berkala.

Pada sebuah smartphone, RAM akan digunakan oleh aplikasi yang sedang berjalan untuk menyimpan data sementara yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut. Cara kerjanya sendiri, pada saat kamu Membuka salah satu aplikasi di layar smartphone maka aplikasi tersebut akan dikirim ke RAM. Selanjutnya, aplikasi akan muncul di layar smartphone.

Pada saat kamu berinteraksi dengan aplikasi yang telah terbuka, maka data-data yang akan digunakan oleh pengguna akan diambil dari RAM. Apabila kamu keluar dari aplikasi tersebut, maka datanya akan masih tersimpan di RAM untuk beberapa saat hingga aplikasi tersebut berhenti total.

OPPO A9 2020 Layar Feature

Selanjutnya, apabila kamu membuka aplikasi baru maka siklus tersebut akan dimulai kembali menggunakan kapasitas RAM yang tersisa terlebih dahulu. Dengan kata lain, banyaknya aplikasi yang mampu dijalankan di belakang latar smartphone akan tergantung dari kapasitas bebas RAM (Free RAM) yang tersedia.

Berkat RAM 8GB yang dimiliki OPPO A9 2020, kapasitas bebas RAM (Free RAM) yang tersedia tentunya sangat besar sehingga saya dapat menjalankan banyak aplikasi atau game sekaligus secara multitasking dengan lancar.

Saya sendiri mampu membuka hingga 10 aplikasi dan game sekaligus dengan lancar tanpa terdapat lag sama sekali. Apalagi transisi perpindahan antar aplikasi atau game yang saya buka pun terasa sangat mulus tanpa patah-patah.

OPPO A9 2020 Gaming

Hal ini tidak terlepas juga dari chipset Qualcomm Snapdragon 665 Octa-Core yang hadir di dalam OPPO A9 2020. Chipset yang diproses dengan fabrikasi 11nm ini mempunyai performa bertenaga yang mampu memproses aplikasi atau game dengan cepat.

Selain itu, penyimpanan internal 128GB yang hadir pada smartphone ini pun memungkinkan saya dengan leluasa untuk menyimpan banyak data mulai dari dokumen, foto, lagu, video, game, maupun aplikasi sekaligus. Saya sendiri merasa kapasitas internal ini sudah sangat besar sehingga tidak perlu menggunakan kartu microSD.

Dengan hadirnya kombinasi chipset bertenaga, RAM, dan penyimpanan internal dengan kapasitas besar tersebut membuat saya nyaman dalam melakukan aktivitas multitasking di OPPO A9 2020.

Bisa dibilang RAM 8GB dan penyimpanan internal berkapasitas 128GB akan menjadi salah satu faktor utama kenapa smartphone ini dibeli oleh masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Komentar