Tips dan Trik

Fitur Belum Hadir, Begini Cara Alternatif Untuk Mengganti Font di Perangkat realme

Cara Mengganti Font realme Header

Gadgetren – Sampai dengan hari ini, fitur ganti jenis Font masih belum hadir di sistem ColorOS yang digunakan oleh realme. Oleh sebab itu, banyak pengguna yang bingung saat ingin menggantinya.

ColorOS, menurut saya pribadi, merupakan salah satu sistem operasi yang sangat bagus. Sistem ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur khusus, tanpa mengesampingkan kemudahan bagi penggunanya.

Sistem operasi ini secara teknis memang buatan OPPO. Namun, karena realme merupakan sub perusahaan yang memisahkan diri dari OPPO, mereka masih menggunakan sistem tersebut dengan sedikit modifikasi sebagai basis ponsel pintarnya.

Dalam sistem modifikasi ini, kita bisa memperoleh berbagai macam fitur dan utilitas yang lebih lengkap dibandingkan dengan sistem Android pada umumnya, kecuali fitur ganti font yang sampai saat ini masih belum hadir.

Kabar baiknya, meskipun belum hadir, realme memastikan bakal membawa fitur tersebut untuk melengkapi layanan tema miliknya. Untuk saat ini, fitur ini sedang dibangun oleh para pengembang realme.

Sambil menunggu fitur tersebut hadir di beberapa pembaruan mendatang, pengguna realme kini hanya bisa menggunakan salah satu solusi yang dihadirkan oleh salah satu moderator Forum realme.

Pertama-tama, pengguna bisa mengunduh aplikasi APK Editor dan OFont Indonesia melalui halaman berikut ini, lalu memasangnya di perangkat. Sementara untuk font yang akan digunakan, pengguna bisa mengunduhnya di Dafont.com.

Namun selanjutnya, sebelum masuk ke inti cara melakukannya, pengguna perlu mengubah wilayah di perangkat ke wilayah Myanmar, kemudian mengatur zona waktu ke daerah masing-masing.

Bagi yang belum tahu, pengguna realme bisa mengubah wilayah melalui Pengaturan > Bahasa dan Kawasan > Kawasan. Sementara itu, untuk mengganti zona waktu, pengguna bisa mengaksesnya melalui Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Tanggal dan waktu.

Jika semua sudah disiapkan, pengguna selanjutnya bisa membuka aplikasi APK Editor dan memilih opsi Select Apk From App. Kemudian selanjutnya, pengguna bisa mencari OFont Indonesia.

Jika muncul beberapa pilihan setelah memilihnya, kemudian pilih Simple Edit (FILE REPLACEMENT), masuk ke folder assets, lalu masuk ke folder fonts. Dalam folders tersebut, kemudian pilih tombol Edit yang ada di sebelah file zawgyitai.ttf.

Selanjutnya, cari dan pilih font yang telah diunduh sebelumnya, dan ketuk tombol Save (tombol di samping tombol Edit) jika sudah selesai memilihnya. Tunggu prosesnya selesai.

Setelah selesai, tutup aplikasi dengan menekan tombol home (jangan ditutup sepenuhnya), lalu buka Pengaturan > Manajemen Aplikasi. Cari dan buka OFont Indonesia dan klik Hapus.

Jika sudah, buka kembali aplikasi APK Editor, kemudian tekan tombol Install. Setelah terpasang, buka Pengaturan > Layar & Kecerahan, kemudian aktifkan opsi Mendukung Karakter Dai.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, pengguna realme saat ini bisa mengganti font di perangkatnya sesuai dengan selera. Selamat mencobanya!

Tinggalkan Komentar