Berita

Inilah Kapasitas Baterai dan RAM iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max

iPhone 11 Pro Compare

Gadgetren – Beberapa hari lalu, Apple secara resmi meluncurkan iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max di Steve Jobs Theater, Cupertino, Amerika Serikat.

Hampir mirip dengan generasi sebelumnya, ketiga iPhone ini masih menggunakan layar penuh dengan poni di bagian atasnya. Namun performanya meningkat menjadi lebih tingg, karena ketiganya sudah menggunakan chipset Apple A13 Octa-Core yang bertenaga.

Namun seperti biasa, Apple sama sekali tidak menyebutkan besaran RAM dan kapasitas baterai dari ketiga iPhonetersebut. Menariknya, baru-baru ini akun leaker terkenal dengan handle @OnLeaks telah mengungkapkan hal yang dirahasiakan Apple tersebut.

Untuk mengimbangi performa dari chipset terbarunya, pihak Apple memberikan peningkatan kapasitas RAM dan baterai pada ketiga iPhone ini dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Terlihat iPhone 11 mempunyai RAM 4 GB dan baterai berkapasitas 3.110 mAh, lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone XR yang memiliki RAM 3 GB dan baterai 2942 mAh. Dengan peningkatan ini, iPhone 11 mempunyai daya tahan baterai 1 jam lebih lama dibandingkan iPhone XR.

Selanjutnya, iPhone 11 Pro sudah menggunakan RAM 6 GB dan baterai 3.190 mAh, lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone XS yang mempunyai RAM 4 GB dan baterai berkapasitas 2.658 mAh.

Perbedaan RAM yang cukup besar ini membuat performa multitasking dari iPhone 11 Pro menjadi lebih baik dibandingkan dengan iPhone XS. Sementara itu, daya baterai iPhone 11 Pro lebih lama 4 jam dibandingkan dengan iPhone XS.

Terakhir, iPhone 11 Pro Max juga mengalami peningkatan dengan menggunakan RAM 6 GB dan baterai 3.500 mAh yang lebih tinggi dibandingkan iPhone XS Max yang memakai RAM 4 GB dan baterai 3.174 mAh. Peningkatan kapasitas baterai ini pun berimbas pada daya tahan iPhone 11 Pro Max yang lebih lama 5 jam dibandingkan iPhone XS Max.

Menurut saya, peningkatan kapasitas RAM dan baterai seri iPhone 11 dibandingkan generasi sebelumnya ini merupakan hal yang wajar mengingat CPU dan GPU chipset Apple A13 Bionic jauh meningkat dibandingkan Apple A12 Bionic.

Maka dari itu iPhone terbaru membutuhkan RAM yang lebih besar untuk mengimbangi performanya dan kapasitas baterai yang lebih besar agar daya tahannya mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya.

Dengan spesifikasi hardware, kamera, dan desain yang ditawarkan, apakah ketiga iPhone 11 ini akan lebih laku dibandingkan generasi sebelumnya?

Tinggalkan Komentar