Gadget Smartphone

iPhone XR vs iPhone XS vs iPhone XS Max. Apa Bedanya?

iPhone XR vs iPhone XS vs iPhone XS Max -Header

Gadgetren – Menyasar beberapa pasar di kelas yang berbeda-beda, Apple meluncurkan penyegaran di lini perangkat iPhone-nya dengan tiga perangkat barunya, yakni iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max.

Ketiga perangkat baru buatan Apple ini memang dirancang dengan spesifikasi, desain, dan fitur yang cukup berbeda-beda, serta dijual dengan harga yang bisa dibilang cukup beragam.

Bagi yang penasaran apa saja perbedaan dari ketiga perangkat baru iPhone ini, kamu dapat menyimak ulasan perbandingan iPhone XR vs iPhone XS vs iPhone XS Max berikut ini.

Desain dan Layar

iPhone XR vs iPhone XS vs iPhone XS Max - Layar

Ketiga seri perangkat iPhone terbaru ini memiliki ukuran layar yang berbeda-beda. iPhone XS hadir sebagai perangkat yang terkecil, diikuti oleh iPhone XR, dan yang paling lebar adalah iPhone XS Max.

iPhone XS membawa ukuran layar sebesar 5,8 inci dengan  teknologi yang sama dengan iPhone XS Max, yakni teknologi OLED yang memiliki kerapatan piksel Super Retina 458 ppi.

Sedangkan iPhone XR membawa layar berukuran 6,1 inci, namun masih menggunakan teknologi lama LCD dengan kerapatan piksel Liquid Retina Display 326 ppi, diikuti oleh iPhone XS Max yang berukuran 6,5 inci.

Untuk materialnya, perangkat iPhone XR masih menggunakan body aluminium yang dilapisi kaca pada bagian depan dan belakang, sementara iPhone XS dan XS Max menggunakan body stainless steel yang juga dilapisi kaca.

iPhone XR hadir dengan membawa perangkat yang lebih berwarna, dengan warna biru, coral, kuning, putih, hitam, dan Project Red (mirip seperti iPhone 5C). Sementara iPhone XS dan XS Max hanya memiliki warna emas, perak, dan space gray.

Performa

iPhone XR vs iPhone XS vs iPhone XS Max - Performa

Ketiga perangkat baru iPhone ini membawa dukungan prosesor yang sama, yakni Apple A12 Bionic, yang menawarkan performa hingga 15 persen lebih baik tapi dengan konsumsi daya yang lebih rendah hingga 50 persen jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Yang cukup membedakan di segi ini, iPhone XR memiliki varian memori internal 64GB, 128GB, 256GB, sedangkan iPhone XS dan iPhone XS Max memiliki varian 64GB, 256GB, dan 512GB.

Kamera

iPhone XR vs iPhone XS vs iPhone XS Max - Kamera

Dibekali dengan dukungan software fotografi yang serupa, iPhone XR masih menggunakan kamera utama tunggal beresolusi 12 MP dengan bukaan rana f/1.8, optical zoom hingga 5x, dan tiga efek pencahayaan potret.

Sedangkan iPhone XS dan iPhone XS Max telah menggunakan teknologi kamera ganda beresolusi 12 MP dengan bukaan rana f/1.8 untuk lensa wide angle dan f/2.4 untuk telephoto, optical zoom hingga 10x, dan lima efek pencahayaan potret.

Untuk kamera depannya, ketiga perangkat tersebut sama-sama mengandalkan kamera tunggal dengan resolusi 7 MP, lengkap dengan dukungan Face ID di dalamnya.

Fitur

iPhone XR vs iPhone XS vs iPhone XS Max - Face ID

Ketiga perangkat baru iPhone ini juga hadir dengan dukungan iOS 12, lengkap dengan dukungan kartu ganda (nano-SIM dan e-SIM), wireless charging, Face ID, dan Animoji. Namun, iPhone XS dan XS Max telah menggunakan sertifikat IP68 sedangkan iPhone XR masih IP67.

Harga

Untuk sementara ini belum ada kabar pasti apakah ketiga seri perangkat iPhone ini akan masuk ke Indonesia. Namun yang pasti, perangkat iPhone XR dijual dengan harga yang paling murah, diikuti iPhone XS, dan iPhone XS Max.

Secara lebih detail, iPhone XR akan dijual USD 749 (64GB), USD 799 (128GB), dan USD 899 (256GB). iPhone XS dijual USD 999 (64GB), USD 1,149 (256GB), dan USD 1,349 (512GB). Sedangkan iPhone XS Max dijual USD 1,099 (64GB), USD 1,249 (256GB), dan USD 1,449 (512GB).

Kesimpulan

Ketiga perangkat baru iPhone ini secara teknis sangat layak beli, karena memiliki dukungan yang hampir mirip dalam kinerjanya. Namun, jika budget kamu terbatas, iPhone XR bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jika kamu memiliki dana yang cukup kamu bisa memilih iPhone XS atau XS Max, tergantung ukuran layar yang kamu inginkan, karena telah dilengkapi dengan kemampuan fotografi dan teknologi layar yang lebih baik.

Leave a Comment