ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Cek IMEI HP realme Untuk Lihat Apakah Resmi Atau Tidak

Cara Cek IMEI realme - Header

Gadgetren – Setiap perangkat yang beroperasi dengan menggunakan jaringan seluler umumnya akan dilengkapi dengan IMEI saat diedarkan ke pasaran. Ponsel-ponsel buatan realme pun termasuk di antaranya.

Sekilas buat kamu yang belum tahu, IMEI yang mempunyai kepanjangan kata International Mobile Equipment Identity ini sangat penting. Secara sederhana IMEI soalnya akan berfungsi sebagai nomor identitas perangkat saat di gunakan di dalam jaringan seluler.

Sebagai sebuah identitas, IMEI pun bukan hanya sebuah nomor acak yang disematkan begitu saja. Ada sejumlah informasi penting yang termuat dari deretan angkanya. Termasuk di dalamnya seperti keaslian, model, dan nomor seri dari perangkat terkait.

Nomor IMEI makanya bisa digunakan untuk mengecek apakah sebuah ponsel original atau palsu. Oleh sejumlah manufaktur, deretan angkanya juga akan dimanfaatkan untuk mengidentifikasi apakah perangkat masih dalam masa garansi atau tidak.

Mengecek IMEI untungnya cukup mudah untuk dilakukan di mana bahkan lumayan mirip satu sama lainnya. Untuk ponsel-ponsel buatan realme, kita pun bisa melakukannya seperti kebanyakan perangkat berbasis sistem operasi Android.

Cara Cek IMEI realme

  • Buka aplikasi Phone.
  • Ketik kode *#06#.
  • Jendela informasi mengenai IMEI akan otomatis muncul

Salah satu cara yang bisa dipakai untuk mengecek nomor IMEI dari ponsel-ponsel buatan realme adalah memanfaatkan kode panggilan khusus. Metode ini pun menjadi yang paling praktis karena bisa digunakan langsung di perangkat terkait.

Lewat Pengaturan

  • Masuk ke halaman Settings.
  • Cari dan buka menu About phone.
  • Ketuk bagian Status.

Sebagai alternatif lain, kita juga bisa mengecek nomor IMEI di ponsel-ponsel buatan realme lewat pengaturan. Metode ini dapat menjadi pilihan tepat apabila kita juga memerlukan sejumlah informasi penting lain seperti alamat IP perangkat.

Lewat Kemasan Perangkat

Pertanyaannya, bagaimana jika ponsel buatan realme dalam kondisi rusak dan tidak bisa dihidupkan sama sekali? Apakah masih ada cara yang bisa dipakai untuk mengecek IMEI miliknya tanpa perlu menyalakan perangkat tersebut?

Kita yang mengalami hal ini pun tak perlu khawatir selama masih mempunyai kemasan produk dari perangkat terkait. Sejumlah manufaktur termasuk realme soalnya turut menyematkan informasi mengenai IMEI ponsel di salah sisi kotak kardusnya.

Sedikit catatan, sebagian besar ponsel realme yang meluncur beberapa waktu lalu belakangan akan mempunyai dua nomor IMEI. Hal ini dikarenakan perangkat tersebut mendukung SIM ganda baik secara fisik maupun menggunakan teknologi eSIM.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar