Smartphone Tekno

4 Kelebihan dan 2 Kekurangan Vivo Z5 – Termasuk Smartphone Gaming Murah?

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Z5 Header

Gadgetren – Pasar smartphone menengah kembali diramaikan oleh smartphone baru vivo bernama vivo Z5. Meskipun baru diluncurkan di Tiongkok, tetapi smartphone baru ini pun menarik perhatian pengguna di Indonesia.

Apakah smartphone yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 3,2 Jutaan ini cukup layak untuk ditunggu pengguna di Indonesia? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari smartphone baru vivo tersebut?

Mencoba menjawab hal tersebut, berikut ini saya akan mencoba untuk menguraikan kelebihan dan kekurangannya. Namun perlu diperhatikan, uraian ini berdasarkan spesifikasi teknis, jadi bisa saja berbeda saat digunakan secara nyata.

Kelebihan vivo Z5

1. Layar Imersif

Dengan luas 6,38 inci, layar vivo Z5 sudah menggunakan teknologi layar Super AMOLED, yang mampu menampilkan gambar dengan kontras yang lebih tinggi, serta gambar yang lebih tajam dan lebih jelas.

Apalagi, berkat dukungan teknologi Super AMOLED yang juga memiliki dukungan warna yang lebih luas, layar vivo Z5 sudah mendukung gamut warna super lebar, sehingga dapat membuat cakrawala dengan penuh warna.

2. Spesifikasi Gaming Banget

Didukung Snapdragon 712, yang merupakan chipset menengah dengan spesifikasi premium buatan Qualcomm, vivo Z5 bisa menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang mencari smartphone gaming di harga Rp 3 Jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Z5 Game

Bagi yang belum tahu, Snapdragon 712 merupakan versi upgrade dari Snapdragon 710. Chipset ini memiliki peningkatan kinerja hingga 10 persen, dukungan audio yang lebih baik, dan dukungan pengisian daya yang lebih cepat.

Selain karena chipset ini, dukungan RAM dan memori internal juga menjadi salah satu faktor yang bisa membuat game berjalan lebih mulus di vivo Z5. Hal ini karena vivo Z5 didukung RAM yang besar dan kapasitas memori internal yang lebih luas.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan baterai 4.500 mAh, yang diklaim oleh vivo bisa bertahan hingga seharian saat digunakan. Apalagi, dengan baterai yang cukup besar ini, vivo juga memberikan Fast Charging 22,5W yang bisa mengisi daya hingga 50 persen dalam 30 menit.

3. Kamera Menarik

Baik di sektor kamera depan maupun belakang, vivo Z5 juga menawarkan dukungan kamera yang cukup mumpuni. Tidak hanya karena memiliki resolusi yang besar, kamera vivo Z5 juga dilengkapi dengan aperture dan fitur yang menarik, yang diklaim bisa menghasilkan foto yang lebih baik.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Z5 Kamera

Secara teknis, vivo Z5 telah menggunakan kamera utama dengan tiga buah lensa, yakni lensa wide 48 MP (f/1.79), lensa ultra-wide 8 MP (f/2.0), dan lensa depth sensor 2 MP (f/2.4). Sementara di kamera depan, vivo Z5 sudah menggunakan lensa 32 MP (f/2.0).

4. Ada Fitur OTG Reverse Charging

Meskipun hanya dilengkapi baterai dengan  kapasitas 4.500 mAh, vivo Z5 juga dilengkapi dengan teknologi reverse charging yang bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain.

Namun tidak seperti perangkat premium yang menggunakan metode wireless, reverse charging di vivo Z5 masih menggunakan teknologi OTG alias masih menggunakan kabel USB Type-C.

Kekurangan vivo Z5

1. Belum Menggunakan Pelindung Layar

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Z5 Layar

Dibanderol dengan harga Rp 3 Jutaan, sayangnya vivo tidak menyebutkan bahwa perangkat barunya menggunakan teknologi pelindung layar. Padahal smartphone yang berada di bawahnya, banyak yang sudah menggunakannya.

2. NFC Masih Absen

Selain itu, absennya NFC (Near-Field Communication) juga bisa menjadi kekurangan bagi mereka yang menggunakan layanan pembayaran digital tertentu, seperti LinkAja atau e-money dari beberapa bank.

Tinggalkan Komentar