Berita PC

AMD Radeon RX 5700 Series Meluncur, Tawarkan Arsitektur Baru RDNA yang Lebih Bertenaga

AMD Radeon RX 5700 Header

Gadgetren – Bersamaan dengan peluncuran prosesor Ryzen 3000 Series, AMD juga merilis kartu grafis terbaru mereka, yakni Radeon RX 5700 Series.

Berbeda dibandingkan seri RX sebelumnya yang menggunakan arsitektur GCN (Graphic Core Next), RX 5700 Series ini dibangun dari arsitektur gaming RDNA (Radeon DNA) yang dirancang secara khusus untuk menghadirkan performa, skalabilitas, dan efisiensi daya yang jauh lebih sempurna.

AMD sendiri kini tengah menjadi primadona bagi para pembuat konsol karena baik PS4 maupun XBOX One mengandalkan komponen khusus dari AMD. Kedepannya, AMD bahkan ingin semakin menguasai segmen PC, konsol, mobile, hingga cloud.

Arsitektur RDNA sendiri sudah mendukung memori GDDR6 yang punya kecepatan tinggi, dukungan PCIe 4.0, serta kinerja yang 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan kartu grafis berasitektur GCN. Dengan begitu penggunanya dapat bermain game dalam framerate tinggi dan gambar yang realistis.

Menariknya, ada tiga fitur baru yang menjadi sorotan pada kartu grafis RX 5700 Series ini. Radeon Image Sharpening (RIS) memungkinkan tekstur in-game yang sedikit buram akibat efek post-processing menjadi kembali nampak jelas dan tajam.

Selain itu juga ada FidelityFX yang dapat membantu tampilan visual dari game menjadi lebih indah dengan mengoptimalkan ketajaman serta kontras warna melalui Contrast-Adaptive Sharpening (CAS) yang juga akan meminimalisir artefak yang muncul.

Terakhir, ada fitur Radeon Anti-Lag yang mampu mengurangi waktu respon input-to-display hingga 31 persen sehingga dapat memanjakan para pemain game eSport yang membutuhkan reaksi cepat.

AMD Radeon RX 5700 HIS

AMD RX 5700 Series ini pun telah didukung oleh tujuh partner kartu grafis mulai ASRock, ASUS, Gigabyte, HIS, MSI, PowerColor, dan Sapphire. Namun secara umum AMD menawarkan dua model yang dapat dipilih, yakni Radeon RX 5700 XT dan Radeon RX 5700.

Radeon RX 5700 XT pastinya merupakan varian yang punya performa lebih bertenaga berkat jumlah Compute Unit lebih banyak serta Base Clock yang lebih tinggi. Walaupun begitu, keduanya sama-sama menawarkan GDDR6 berkapasitas 8GB.

Untuk harganya sendiri, Radeon RX 5700 XT dibanderol pada kisaran Rp6.500.000 sedangkan RX 5700 dihargai sedikit lebih terjangkau, yakni sekitar Rp5.900.000. Ditambah lagi ada juga RX 5700 XT Edisi 50th Anniversary seharga USD 449, namun pihak AMD tidak menjelaskan apakah model ini akan masuk resmi ke Indonesia.

Tinggalkan Komentar